SATUKANAL.COM
BERITA

Demo Dua Hari Sisakan Sampah, DLH Kota Malang Tidak Mengeluh Membersihkannya

Demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa di Kota Malang nampaknya tidak membuat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bidang kebersihan mengeluh karena banyak sampah yang ditinggalkan usai aksi di depan Gedung DPRD Kota Malang 23 dan 24 September 2019.

Mempunyai tugas untuk membuat Kota Malang terus bersih, DLH Kota Malang bidang kebersihan dua hari kemarin disibukkan dengan demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa.

Sibuk yang dimaksud dalam hal ini adalah ketika banyak sampah yang ditinggalkan demonstran,  para pasukan kebersihan langsung melakukan pembersihan.

“Jadi meski tidak ada atau ada demo pun petugas pasti ada di lapangan dan siap membuat Kota Malang terus terjaga kebersihannya,” ujar Kabid Kebersihan DLH Kota Malang, Joao Maria Gomes Je Carvalho atau yang lebih akrab di sapa Joe ini.

Joe mengaku tidak mempermasalahkan adanya demo dari mahasiswa, tapi ia berharap tidak sampai mengganggu kinerja pasukannya.

“Untuk menyampaikan aspirasi dalam hal ini mahasiswa kan memang tidak masalah, yang penting mereka jalan tapi tidak ganggu yang lain bekerja,” katanya.

Kepala bidang yang juga gemar turun ke lapangan bersama pasukannya ini juga mengungkapkan bahwa anggotanya selalu melakukan pembersihan jika memang dirasa sudah saatnya. Karena demonstrasi biasanya didatangi oleh banyak mahasiswa dan membuat petugas kebersihan sulit untuk melakukan pembersihan.

“Kalau masalah kebersihan ya dilihat dulu, jika ada ruang kosong pasti langsung dibersihkan. Tapi kalau memang jalan rapat ya pasti ditunggu sama pasukan. Meski begitu kami tetap membersihkan agar Kota Malang selalu bersih,” paparnya.

Terakhir, Joe menuturkan bahwa ketika demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa dua hari kemarin hampir meninggalkan sampah sebanyak satu bak dari angkutan sepeda motor.

“Saat demo kemarin itu banyak sampah dari sisa bekas makanan dan botol minuman, ada sekitar satu angkutan Tossa setiap kali ada demo, jadi tidak terlalu banyak juga,” terangnya.

Kanal Terkait