Delirium Jadi Gejala Baru Dialami Pasien Covid-19, Apa itu? | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Delirium Jadi Gejala Baru Dialami Pasien Covid-19, Apa itu?
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT KANAL VIRAL STRAIGHT NEWS

Delirium Jadi Gejala Baru Dialami Pasien Covid-19, Apa itu?

SATUKANAL.com, NASIONAL – Baru-baru ini, sejumlah penelitian menemukan bahwa, Covid-19 dapat menyebabkan delirium. Virus Covid-19 yang sedang mewabah diseluruh dunia, rupanya tidak hanya menyerang fisik, namun juga menyerang mental dari korban penderita positif Covid-19.

Delirium merupakan salah satu gejala mental yang menyebabkan penderita Covid-19 mengalami kebingungan berat dan mengalami kurangnya tingkat kesadaran dari pasien. Delirium akan membuat pasien merasa tidak terhubung dengan kenytaan dan seolah sedang bermimpi.

Kondisi delirium ini dirasakan oleh beberapa pasien Covid-19. Khususnya pada pasien pada kelompol lanjut usia (Lansia). Para tenaga medis pun mengatakan bahwa, seorang pasien Covid-19 yang menderita Delirium dapat mengakibatkan ganguan otak, bahkan dapat mengganggu kondisi mental penderita Covid-19.

Delirium biasanya terjadi bersamaan dengan pasien yang sudah memiliki gejala Covid-19. Gejala tersebut seperti, hilangnya indra perasa, hilangnya indra penciuman, menderita sakit kepala, batuk berdahak bahkan mengalami sesak nafas.

Baca Juga :  5 Rasa Es Krim Unik Nan Nyeleneh Ala Indonesia

Beberapa studi yang telah dipublikasi dalam Journal Of Clinical Immunology and Immunotherapy, telah menyoroti permasalahan vidrus Covid-19 dengan kinerja otak sebagai sistem saraf pusat. Hasil dalam jurnal tersebut menjelaskan bahwa, adanya indikasi bahwa Covid-19 juga dapat mempengaruhi sisitem saraf pusat serta dapat mengakibatkan perubahan neurokognitif (kondisi yang sering menyebabkan gangguan fungsi mental), menyebabkan sakit kepada serta delirium.

Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen pada otak, adanya peradangan jaringan otak serta beberapa fakta yang ditemukan bahwa, virus Covid-19 memiliki kemampuan untuk mengalir di dalam darah yang mana bisa menuju ke bagian otak penderitanya.

Berikut merupakan ciri-ciri maupun beberapa gejala dari seorang yang tengah mengalami delirium :

  • sulit untuk fokus
  • pandangan mudah teralihkan
  • daya ingat mengalami penurunan
  • kesulitan untuk berbicara
  • sering berhalusinasi
  • mudah tersinggung
  • gelisah
  • pola tidur berubah dan tidak teratur
Baca Juga :  Nadiem Pastikan CPNS Guru 2021 Tetap ada, Namun Fokus Rekrut PPPK

Untuk mengetahui apakah pasien Covid-19 menderita delirium perlu dilakukan beberapa pengecekan oleh para Dokter dengan memperhatikan gejala fisik serta psikologis dari pasien tersebut. Dokter juga akan menggunakan kombinasi penilaian kesehatan kognitif, pemeriksaan fisik pasien, serta beberapa tes laboraturium untuk membantu mendiagnosis delirium dan mengidentifikasi penyebab yang mendasarinya.

Beberapa tes fisik yang akan dilakukan antara lain, tes darah, tes urin, tes obat dan alkohol, elektrodiografi, sinar-X pada dada, CT Scan, tes fungsi hati, pungsi lumbal, serta tes tiroid.

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait