Siap Bantu UMKM Lakukan Ekspor, Dekranasda Kabupaten Blitar: UMKM semangat kembali - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Siap Bantu UMKM Lakukan Ekspor, Dekranasda Kabupaten Blitar: bantu UMKM semangat kembali
kunjungan ke tiga tempat produk UMKM (Foto: Dokumentasi pemkab blitar)
BERITA Kanal Straight

Siap Bantu UMKM Lakukan Ekspor, Dekranasda Kabupaten Blitar: UMKM semangat kembali

Satukanal.com, Blitar – Pada Kamis (23/9/2021), Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan kunjungan ke tiga tempat produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Blitar.

Dalam kunjungan kebeberapa pelaku usaha, dihadiri langsung oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Blitar, H. Zaenal Arifin.

Disperindag bersama ketua Dekranasda mengunjungi UMKM sambel pecel di Desa Jajar yang berlokasi di Talun, UMKM gula kelapa di Desa Gledug yang berlokasi di Sanankulon, serta pengrajin bambu untuk tusuk sate yang berlokasi di Desa Tapak Rejo, Kesamben.

Baca Juga :  Capaian Vaksinasi Covid di Blitar Jauh dari Target

Melansir dari laman Pemkab Blitar, berlangsungnya kegiatan ini, menurut Zaenal Arifin diharapkan agar nantinya gula kelapa hasil para UMKM Kabupaten Blitar bisa diekspor nantinya.

Sementara itu, Zaenal Arifin mengatakan, upaya tersebut nantinya akan dikoordinasikan dengan dinas terkait guna melangsungkan bimbingan teknis agar persiapan makin matang.

Pada kunjungannya ke UMKM sambel pecel di Desa Jajar, dilakukan dalam rangka membantu proses packaging atau pegemasan dan izin mendirikan usaha. Sementara, Dekranasda  juga akan membantu pengrajin bambu untuk tusuk sate dalam penjualan dan ekspor.
“Selanjutnya akan diadakan pelatihan untuk UMKM, ini akan membantu UMKM untuk semangat kembali melakukan produksi dan penjualan dengan menggandeng Disperindag dan Diskopum untuk membantu UMKM”, terangnya.
Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait