Deal, Kota Malang Ikut Terapkan PPKM Darurat - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Deal, Kota Malang Ikut Terapkan PPKM Darurat
Walikota Malang bersama Walikota Batu dan Bupati Malang saat apel persiapan PPKM Darurat (Foto: Instagram sam.sutiaji/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Deal, Kota Malang Ikut Terapkan PPKM Darurat

Satukanal.com, Malang – Resmi ditetapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di wilayah Jawa-Bali pada tanggal 3 hingga 20 Juli mendatang, membuat Kota Malang turut ambil sikap. Apalagi Kota Malang merupakan salah satu daerah yang masuk dalam kriteria level 4 PPKM Darurat.

Melalui hasil Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang resmi berlakukan PPKM Darurat mulai besok, Sabtu (03/07/2021).

“Jadi hasil rakor yang dipimpin langsung oleh Bapak Menko Maritim dan Investasi, bahwa penerapan PPKM Darurat Jawa Bali akan dilaksanakan pada tanggal 3-20 Juli 2021. Kami sudah menerima paparan apa saja ketentuan yang ada di dalamnya,” ujar Wali Kota Malang, Sutiaji.

Beberapa ketentuan dalam pelaksanaan PPKM Darurat yakni penerapan Work From Home (WFH) 100 persen pada sektor non esensial. Selain itu ada pula soal aturan bakal dikembalikannya sistem pembelajaran yang full secara daring atau online.

Salah satu hal yang perlu digarisbawahi dalam PPKM Darurat nantinya bakal ada pembatasan jam operasional segala bentuk kegiatan masyarakat pada pukul 20.00. Bahkan, sesuai aturan yang disampaikan, akan dilakukan penutupan total pada pusat perbelanjaan selama PPKM Darurat, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Sehari Bertambah 99 Kasus, Satgas Dirikan 2 Tenda Darurat di RSUD SLG

Meski berpotensi bakal menuai pro kontra, Pemkot Malang akan sepenuhnya mentaati keputusan pemerintah pusat. Sutiaji menyebut, PPKM Darurat ini sesuai dengan apa yang dia inginkan. Hal ini pula yang membuat Pemkot Malang bersama Forkopimda memutuskan untuk melaksanakan ketentuan PPKM Darurat.

Pasalnya, PPKM berkaitan dengan masalah pengendalian penyebaran Covid-19 yang dirasa mengalami fluktuatif. Namun alumnus IAIN Malang itu beharap, masyarakat juga berperan dalam pelaksanaan PPKM Darurat nantinya.

Baca Juga :  Bundaran Waru Diblokade, Banyak Warga Terpaksa Bolos Kerja

“Urusan Covid-19 bukan urusan pemerintah saja tapi juga masyarakat. Jadi saling bahu-membahu, harus bersama-sama. Hari ini kita mendadak kumpul rakor, Alhamdulillah semua Forkopimda dan tokoh hadir. Banyak yang memberi usulan,” terang Sutiaji.

Ditemui usai Rakor bersama Forkopimda, Sutiaji mengungkapkan, dalam penerapan PPKM Darurat nantinya bakal tetap mamasukkan kearifan lokal.

“Tentu kearifan lokal dalam penerapan PPKM Darurat nanti akan kita bahas. InsyAllah Jawa Timur saya kira selalu aware dan memberikan respon terhadap usulan-usulan masyarakat, salah satu diantaranya adalah kearifan lokal. Nanti kita akomodasi yang secara prinsip itu tidak mengurangi makna dari PPKM Darurat,” pungkas Sutiaji.

 

 

Pewarta : Chosa Setya Ayu Widodo
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait