Daya Beli Masyarakat Menurun, Pedagang Buah Semangka Keluhkan Penurunan Harga | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Daya Beli Masyarakat Menurun, Pedagang Buah Semangka Keluhkan Penurunan Harga
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Daya Beli Masyarakat Menurun, Pedagang Buah Semangka Keluhkan Penurunan Harga

SATUKANAL.com, KEDIRI Pedagang Buah Semangka mengalami penurunan harga secara signifikan, disebabkan oleh daya beli masyarakat menurun serta jaringan penjualan buah semangka yang berskala kecil.

Hak tersebut di ungkapkan langsung oleh Kasi Perbenihan dan Perlindungan Tanaman Hortikultura Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri, Arahayu Setyo Adi, kepada Satukanal.com.

“Jaringan semangka tidak seluas dengan jaringan penjualan nanas, sehingga belum kuat untuk memperkuat pasar,” ungkapnya.

Baca Juga :  Hanindhito Himawan Pramono, Mengunjungi Usaha Industri Krupuk di Ngadiluwih

Dirinya juga mengungkapkan, selain penyebab jaringan penjualan daya konsumsi juga dipengaruhi oleh musim penghujan. Akibatnya, daya serap pembeli melemah dan harga buah semangka mengalami penurunan.

Sementara itu, Fiki, salah satu pedagang buah semangka asal Desa Brenggolo Kecamatan Plosoklaten, mengaku penurunan harga terjadi sejak satu Minggu yang lalu.

Buah semangka yang biasanya dijual dengan harga 1 Kilogram 5000 rupiah, kini satu buah semangka dengan berat kisaran 4 Kilogram dijual dengan harga 10.000 rupiah.

Baca Juga :  Banjir Dukungan, Calon Bupati Kediri Terima Bantuan Mobil Siaga dari PKPI

Disebutkan, sejak menurunnya harga penjualan, ia hanya mampu menjual 50 buah per hari. “Penurunan harga semangka terjadi semenjak satu minggu kemarin. Karena jumlah panen banyak, semangka kini banting harga,” pungkasnya.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait