SATUKANAL.COM
KPU Kabupaten Kediri Perbaikan
Foto : Grafis Data Coklit KPU Kabupaten Kediri (Dokumen KPU)
BERITA HIGHLIGHT ISU PILIHAN STRAIGHT NEWS

Data Tidak Sinkron Dengan Bawaslu, KPU Kabupaten Kediri Lakukan Perbaikan Coklit

SATUKANAL, KEDIRIKomisi Pemilihan Umum – KPU, Kabupaten Kediri mulai melakukan perbaikan Pencocokan dan Penelitian (Coklit).

Eka Wisnu Wardana, Komisioner KPU Divisi Perencanaan Data, dan Informasi mengatakan, perbaikan Coklit dilakukan lantaran adanya ketidak cocokan data Coklit dari KPU dan Bawaslu.

“Ada ketidak cocokan data dari Bawaslu dan KPU. Bawaslu mekap ada 761 temuan, sementara dari KPU ada 800,” jelasnya.

Untuk pemutahiran sendiri Wisnu telah memerintahkan PPK dan PPS se-Kabupaten Kediri  untuk menindak lanjuti temuan tersebut.

Baca Juga :  Baru Satu Paslon, KPU Kabupaten Kediri Kembali Perpanjang Pendaftaran

“Atas temuan tersebut kami meminta PPK dan PPS Kabupaten kediri melakukan verifikasi faktual dilapangan dengan melibatkan jajaran pengawas,” katanya.

KPU Kabupaten Kediri Lakukan Perbaikan Coklit

“Mereka (petugas lapangan) akan memastikan bahwa pemilih memenuhi syarat masuk dalam daftar pemilih, mengeluarkan Pemilih TMS dari daftar pemilih, serta memastikan pemberian tanda bukti terdaftar dan penempelan stiker sesuai KK,” lanjutnya.

Selain Verifikasi Faktual, Wisnu menyebut saat ini PPK dan PPS juga fokus menyusun Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) yang akan di input di Aplikasi Sistem Data Pemilih (Sidalih).

Baca Juga :  Pemkab Kediri Distribusikan BST ke Dua Kecamatan

“Dari hasil pemutakhiran tersebut oleh KPU akan digunakan untuk Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP, PPS pada tanggal 30 Agustus sampai 1 September dan PPK tanggal 2 sampai 4 September,” tutupnya.

Untuk diketahui dari hasil Coklit KPU beberapa waktu yang lalu jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) di Kabupaten Kediri ada sebanyak 1.304.864 jiwa. Jumlah tersebut akan terus di mutakhirkan hingga adanya penetapan Daftar Pemilih Tetap pada Oktober mendatang.

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait