Dapat Tawaran Jadi Kota Tangguh Bencana, Kepala BPBD: Kami Siap! - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Dapat Tawaran Jadi Kota Tangguh Bencana, Kepala BPBD: Kami Siap!

Satuchannel.com, Kota Malang – Kota Malang melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) mendapatkan tawaran sebagai kota tangguh bencana dari Deputi 1 Direktur Pengurangan Bencana beberapa waktu lalu. Hal ini disampaikan Kepala BPBD Kota Malang, J. Hartono

Hartono menyatakan sangat bila mengambil tawaran tersebut, ia menganggap infrastruktur yang ada di Kota Malang mendukung kesiapan tersebut.

” Saya siap, karena di Malang juga sudah ada kampus tangguh, sekolahan juga aman, dekat dengan rumah sakit juga. Saya juga sudah sampaikan Wali Kota dan beliau setuju terkait itu,” tutur Hartono.

Baca Juga :  Gempa M6,5 di Sulteng, Meski Tak Berpotensi Tsunami, BMKG Minta Warga Jauhi Pantai

Sementara itu, Hartono juga menjelaskan bila program serupa sudah dilakukan oleh BPBD dengan membentuk kelurahan tangguh sejak tahun lalu. Saat ini ia juga menggodok renacana kecamatan tangguh secara tematik.

BPBD bekerjasama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Tenaga Kesehatan telah melakukan pengabdiaan kepada masyarakat dengan tema khusus kebencanaan.

“Temanya ini untuk membentuk kelurahan tangguh, ini juga sangat membantu kami untuk memperluas kesiapan pada masyarakat dalam menghadapi bencana,” ujar pria yang berkacamata ini.

Baca Juga :  Gempa M6,5 di Sulteng, Meski Tak Berpotensi Tsunami, BMKG Minta Warga Jauhi Pantai

Pihaknya menjelaskan bahwa program kelurahan tangguh bencana telah berjalan sejak tahun lalu dan telah menghasilkan 3 kelurahan. Di tahun ini sendiri, BPBD menargetkan 19 kelurahan yang bisa digarap. Saat ini, sementara sudah 5 kelurahan yang telah berjalan salah satu contohnya, Kelurahan Bandungrejosari, Kelurahan Tlogomas, Kelurahan Penanggungan dan Kelurahan Kedungkandang. (Iqb)

Kanal Terkait