Dapat Bantuan Pusat, Dishub Kota Malang Akan Bangun RASS, Apa itu? | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Kepala Dinas Perhubungan, Kusnadi Kota Malang (Iqbal)
BERITA

Dapat Bantuan Pusat, Dishub Kota Malang Akan Bangun RASS, Apa itu?

Satuchannel.com, Kota Malang – Dinas Perhubungan Kota Malang berencana akan membangun Rute Anak Sekolah Selamat (RASS) dalam waktu dekat. Adapun RASS ini merupakan halte yang berada di sekitar wilayah sekolah, namun bukan halte biasa, ini halte yang berfungi sebagi pengaman bagi para pelajar.

Kepala Dinas Perhubungan, Kusnadi, mengatakan bila sebenarnya RASS merupakan program bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat.

“Itu memang benar-benar yang layak demi keindahan dan kemaman beda dengan halte-halte yang lainnya,” tutur Kusnadi saat dikonfirmasi awak media, Rabu (31/5).

Adapun Kusnadi juga menyampaikan besaran anggaran yang diegelontorkan pemerintah pusat untuk pembangunam RASS ini, yaitu sebesar Rp 4,8 Milyar.

“Tahun ini baru dapat, ini batuan dari pusat, ini yang mengerjakan juga pusat,” jelasnya.

Ia menambahkan halte yang sudah mulai dikerjakan ini tersebar disejumlah titik di Lokasi Kota Malang. Lokasinya yaitu di depan MAN sejumlah satu halte, di wilayah SMPN 20 Malang berjumlah dua halte, di SDN Pandan Wangi sejumlah satu halte, di Sekitar SDN Mergosono sejumlah satu halte, di SDN 03 Gadang berjumlah satu halte, SDN 01 Gadang satu halte, dan terkhir di SDN 1 Kebonsari berjumlah satu.

Kusnadi juga menjelaskan tujuan penting dari adanya RASS ini adalah untuk kepentingan menjaga keselamatan anak sekolah. Dirinya menyebut bahwa Rambu halte, zona selamat sekolah (ZOSS) itu dilengkapi dengan marka berwarna merah dan pelican crossing untuk membantu penyeberangan.

“Tak hanya itu, yang ini haltenya di desain lebih indah dan cantik, ada seperti lampu-lampu yang menyala ketika malam,”pungkas pria berkumis lebat ini.

Rencananya, Dishub juga akan meminta kepada pusat agar tahun depan terdapat juga bantuan untuk membangun hal seperti itu lagi. (Iqb)

Kanal Terkait