Dapat Bantuan Dana 30,2 M, KPU Malang Targetkan Jumlah Pemilih Naik - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Dapat Bantuan Dana 30,2 M, KPU Malang Targetkan Jumlah Pemilih Naik

Satuchannel.com, Kota Malang – Setelah mendapat gelontoran dana dari Pemkot Malang sebesar 30,2 Milyar melalui Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), sebagai bentuk komitmen menyukseskan Pemilu Kepala Daerah 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menargetkan nantinya dapat meningkatkan partisipasi dari masyarakat, Senin (10/7). Melalui Ketuanya, Zainudin mengatakan bila demi memaksimalkan partisipasi masyatakat itu, alokasi anggaran akan diperbesar dalam hal sosialisasi.

Agenda peningkatan partisipasi ini merupakan hasil evaluasi yang melihat bila dalam pemilu pada 2013 kemarin, jumlah pemilih dalam Pilkada pada waktu itu tidak mencapai angka 65 % pemilih. Untuk itu, dalam Pemilu kali KPU menargatkan jumlaj pemilih sebanyak 70 % dengan menitikberatkan dalam hal sosialisasi.

Baca Juga :  Bersama Wujudkan Pelayanan Terbaik, Walikota Malang Minta Kuatkan Koordinasi

“Titik berat kami di 2018 ini, kami akan meningkatkan partisispasi setidak – tidaknya pada 70 % sehingga anggaran sosialisasi akan sedikit meningkat, dan syukur Pemkot Malang sangat menyuport hal itu dan sekaligus akan membantu melalui jajaram di bawahnya,” ungkapnya pada awak media.

Sementara itu, Zainudin menjelaskan bila pada pemilu kali ini ada kenaikan jumlah Dana Bantuam tersebut dibanding pada tahun 2013 lalu. Bila pada tahun 2013 lalu KPU mendapatkan 18 Milyar, pada Pemilu kali ini bertambah menjadi 30, 2 Milyar. Hal tersebut disebakan karena  banyaknya perubahan variabel dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga :  Miris, Sawi Sehat Harganya Melarat

“Kalau mengacu pada tahun 2013, memang ada kenaikan, disebabkan karena pertama inflasi selama 5 tahun; kedua, biaya kampanye partai yang sekarang ditanggung KPU; ketiga, terus pasti ada penambahan jumlah TPS, dan keempat otomatis jumlah pemilih. 4 variabel itulah yang kemudian membengkakan dana kami dari 18 M sekarang 30,2 M, ” pungkas pria berkacamata itu.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, ia juga menuturkan bila jumlah dan bantuan tersebut didapatkan dengan proses diskusi bersama pihak badang anggaran sebelumnya. Diketahui bila rencana anggaran sebelumnya sebesar 30,9 Milyar dan karena efisiensi anggaran tersebut menjadi 30,2 Milyar. (Iqb)

Kanal Terkait