Dampak Gempa Blitar, Sementara Terdata 78 Rumah dan 14 Fasum Rusak - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dampak Gempa Blitar, Sementara Terdata 78 Rumah dan 14 Fasum Rusak
Rumah ambruk di Blitar/Foto: LPBI NU Blitar
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Dampak Gempa Blitar, Sementara Terdata 78 Rumah dan 14 Fasum Rusak

Satukanal.com, Surabaya Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6,2 skala richter membawa dampak yang cukup signifikan di Jawa Timur.

Data Pusdalops BPBD Jawa Timur, 78 rumah dan 14 fasilitas umum rusak. Selain itu, laporan yang diterima BPBD Jawa Timur terdapat dua orang luka. Beruntung, belum ada laporan korban jiwa dalam peristiwa ini.

Dilansir dari akun resmi media sosial BPBD Jawa Timur, gempa dirasakan di 31 kabupaten/kota di Jawa Timur. Namun, dampak gempa berupa kerusakan rumah/fasilitas umum hanya terjadi di tujuh kabupaten/kota.

Baca Juga :  Hari Pertama PTM, Kabupaten Mojokerto Terapkan Prokes Ketat

Sementara, dua orang terluka, di Kabupaten Blitar luka berat satu orang, serta di Kabupaten Malang, terdapat satu luka ringin.

sumber : BPBD Jawa Timur

Rincian kerusakan rumah/fasilitas umum yang dilansir BPBD Jawa Timur pukul 00.00 tanggal 22 Mei 2021 meliputi; Kabupaten Blitar kerusakan dialami oleh 29 rumah dan tujuh fasilitas umum , Kabupaten Malang: 28 rumah dan lima fasilitas umum.

Selanjutnya, Lumajang 16 unit rumah, Kota Malang satu rumah, Pasuruan satu rumah dan satu fasilitas umum, Kota Blitar tiga unit rumah, dan Jember satu fasilitas umum. Pendataan itu masih berlangsung dan ada kemungkinan bertambah.

Baca Juga :  Gempa Kabupaten Blitar Dimutakhirkan Menjadi 5,9 Magnitudo

Gempa dengan magnitudo 6,2 terjadi pukul 19.09 WIB. Episentrum gempa di laut pada jarak kurang lebih 57 meter di tenggara Kabupaten Blitar, dengan kedalaman 110 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengupdate kekuatan gempa yang terjadi di tenggara Kabupaten Blitar menjadi  5,9 magnitudo. (*)

 

 

Sumber : BPBD Jawa Timur
Penulis : Danu Sukendro

 

Kanal Terkait