Dampak Gempa, Sederet Rumah Ambrol di Blitar, Lumajang dan Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Dampak Gempa, Sederet Rumah Ambrol di Blitar, Lumajang dan Malang
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Dampak Gempa, Sederet Rumah Ambrol di Blitar, Lumajang dan Malang

Satukanal.com, Lumajang – Dampak gempa dengan Magnitudo 6.2 pada pukul 19:09 WIB, Jumat, 21 Mei 2021 yang berpusat 57 km tenggara Kabupaten Blitar, Jawa Timur mulai terdeteksi. Gempa mengakibatkan kerusakan rumah warga di sejumlah wilayah di Jawa Timur yang tak terlampau jauh dari episentrum gempa: di antaranya Blitar, Lumajang dan Malang.

Pendataan kerusakan dampak gempa mulai dilakukan. Salah satu organisasi yang aktif turun adalah Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU di sejumlah kota/kabupaten.

Dinding ambruk, dampak gempa di Lumajang/foto: LPBI NU Lumajang

Blitar menjadi perhatian utama karena episentrum yang berdekatan. Berdasarkan laporan LPBI NU Blitar, terdapat lima rumah yang rusak, tiga dengan rumah kategori kerusakan sedang dan dua rumah yang rusak berat. Antara lain; tersebar di kecamatan Selopuro, Panggungrejo, Garum dan Selorejo.

Baca Juga :  Kota Malang kembali Zona Orange

Baca juga: Dampak Gempa, Sederet Rumah Ambrol di Blitar, Lumajang dan Malang

“”Rumah yang rusak berat karena roboh, lalu ada juga yang dindingnya roboh. Sementara, kategori sedang karena genteng rontok dan teras rumah yang roboh,” ujar H Yoyok W,  pengurus LPBI NU Jawa Timur.

Sementara itu, di Lumajang, Jawa Timur, terdeteksi tiga rumah yang mengalami kerusakan. Rinciannya; dua rusak berat (sebagian ambruk) serta satu rumah ambruk total, di kecamatan Pronojiwo dan Tempursari.  Kendati demikian,  LPBI NU akan terus melakukan assesment. “Data-data akan terus kami lakukan. Sesuai temuan di lapangan,” kata AM Ridwan, pengurus LPBI NU Lumajang.

Baca Juga :  PPKM Darurat Diperpanjang, Sutiaji : Kuncinya Di Masyarakat
Kerusakan Puskesmas Bantur, Malang Selatan. /foto: akun twitter DaryonoBMKG

Sedang di Malang, kerusakan terjadi di sejumlah titik. Seperti di Kabupaten Malang, dilansir dari akun twitter daryonobmkg, Puskesmas Bantur Malang Selatan dikabar rusak. Akun ini juga melansir kolase foto kerusakan sejumlah bagian gedung Puskesmas.

Sedangkan di Malang Kota, terdapat kerusakan satu rumah di Bakalan Kraja, Sukun. Sebagian atap rumah rontok. Beruntung, saat kejadian gempa, seluruh penghuni rumah langsung melarikan diri keluar rumah, sehingga tak ada korban dalam peristiwa ini.

 

 

 

 

Sumber: LPBI NU Jatim,  LPBI NU Lumajang
Penulis : Danu Sukendro

Kanal Terkait