Dalam Sebulan Gencar Perangi Peredaran Miras, Sebanyak 3.633 Botol Miras Dimusnahkan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Dalam Sebulan Gencar Perangi Peredaran Miras, Sebanyak 3.633 Botol Miras Dimusnahkan

Kerja keras personel kepolisian Polres Malang dan Polsek jajaran memerangi peredaran minuman keras (miras), akhirnya membuahkan hasil. Ribuan miras ilegal berbagai jenis berhasil didapatkan petugas dari warung dan berbagai tempat penjualan yang ada di wilayah Kabupaten Malang.

“Sebanyak 3.633 botol miras berbagai jenis, berhasil kami amankan dari toko, dan warung yang kedapatan tidak memiliki izin resmi penjualan,” kata Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, saat ditemui awak media, Jumat (21/12/2018).

Ribuan botol miras berbagai jenis itu, akhirnya dihancurkan di halaman Mapolres Malang. Dengan menggunakan alat berat jenis slender (penggilas aspal jalan), ribuan liter minuman syetan tersebut dimusnahkan. “Agenda pemusnahan miras yang diselenggarakan kali ini, sesuai dengan penetapan Pengadilan Negeri (PN) Kepanjen,” tegas Ujung.

Baca Juga :  Lukisan-Lukisan Mahasiswa UB Malang yang Mengekspresikan Liku-liku Hidup

Ujung menambahkan, selama ini pihaknya memang gencar menerjunkan personel kepolisian guna memerangi peredaran miras yang sering meresahkan dan terjadi di kalangan masyarakat. Dengan adanya atensi semacam ini, diharapkan situasi bakal tetap kondusif jelang perayaan hari Natal dan pergantian tahun 2019.

Berdasarkan catatan kepolisian, beberapa kejahatan yang terjadi di wilayah hukum Polres Malang, ditengarai terjadi karena mengkonsumsi minuman syetan tersebut.

Anggota Polri dengan dua melati di bahu ini, mencontohkan, seperti aksi pengeroyokan, yang marak terjadi pada penghujung tahun 2018 ini. Menurutnya, tindak kriminal tersebut, bermula dari para pelaku yang sebelum melancarkan aksinya, sudah mengkonsumsi miras terlebih dahulu. “Kami berharap, dengan adanya razia secara intensif, bisa menekan potensi serta angka kejahatan karena pengaruh miras,”  terang Ujung.

Baca Juga :  Peringati Hari Batik, KBP Kota Malang Gelar Festival Batik Ken Dedes

Selain mengamankan ribuan botol miras dari tangan penjual ilgal. Petugas juga berhasil mengungkap produsen miras ilegal. Dimana, daerah Malang Selatan menjadi wilayah paling marak produksi miras jenis trobas. “Dari data yang kami himpun, Kecamatan Bantur, Sumbermanjing Wetan (Sumawe), Gedangan, serta beberapa wilayah lain di Malang Selatan, masuk dalam kategori daerah rawan produsen miras ilegal. Sedikitnya ada 58 ton ragi yang digunakan sebagai bahan baku pembuaan miras, serta belasan drum trobas siap edar, berhasil kita amankan dari wilayah rawan tersebut,” Ujar Ujung.

 

Kanal Terkait