Cuaca Ekstrim Diprediksi Sampai Februari, BPBD Kabupaten Jombang Imbau Masyarakat Waspada - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Rumah warga yang terdampak angin puting beliung (Anggit Puji/satukanal)
Rumah warga yang terdampak angin puting beliung (Anggit Puji/satukanal)
BERITA Kanal Straight

Cuaca Ekstrim Diprediksi Sampai Februari, BPBD Kabupaten Jombang Imbau Masyarakat Waspada

Satukanal.com, Jombang – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang mengimbau masyarakat untuk tetap waspada di puncak musim hujan awal tahun 2022 ini, sebab cuaca ekstrem diprediksi akan terjadi sampai akhir Februari 2022.

Penanggung Jawab Operasi Lapangan BPBD Jombang, Peppy mengatakan cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari belakangan di Kota Santri merupakan dampak dari La Nina di Samudra Hindia dan Pasifik. 

“Dampak dari itu sudah ada, seperti bencana angin puting beliung,” ucap Peppy pada Jumat (14/1/2022). 

Ia mengatakan, dampak dari La Nina akan menimbulkan cuaca ekstrem. Hal tersebut lantas masih memungkinkan terjadi peristiwa alam seperti hujan lebat, banjir, puting beliung dan angin kencang. 

Baca Juga :  Taman Kebon Rojo Kota Blitar Tambah Koleksi Satwa di Akhir Tahun 2021

“Tetap berjaga dan menyiapkan paket darurat bencana,” katanya. 

Sementara itu, melansir siaran pers BMKG Juanda yang diterima pada Jumat (14/12022) adanya pusat tekanan rendah yang berada di Selatan Jawa Timur menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan massa udara.

Adanya faktor suhu muka laut yang masih cukup hangat juga sangat berpengaruh dalam menyuplai massa uap air ke atmosfer. Kondisi ini berpengaruh dalam pembentukan awan-awan Cumulonimbus.

Baca Juga :  Warga Kayangan Digemparkan Temuan Mayat di Ladang Tebu

Masyarakat diimbau supaya tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti potensi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Masyarakat juga perlu mewaspadai menguatnya angin muson Barat di bulan Januari yang dapat memicu potensi gelombang tinggi di wilayah perairan Jawa Timur, khususnya di laut Jawa bagian timur dan Samudera Hindia Selatan Jawa Timur.

 

 

Pewarta: Anggit Puji
Editor: Ubaidhillah

    Kanal Terkait