Corona Mengganas! Ini Panduan Isolasi Mandiri Menurut Satgas Covid-19 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Corona Mengganas! Ini Panduan Isolasi Mandiri Menurut Satgas Covid-19
ilustrasi seseorang yang sedang melakukan isolasi mandiri (Foto: Pixabay/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

Corona Mengganas! Ini Panduan Isolasi Mandiri Menurut Satgas Covid-19

Satukanal.com, Nasional Mengetahui bagaimana panduan isolasi mandiri (isoman) di rumah sangat penting adanya. Apalagi, saat ini kasus Corona semakin meningkat sehingga membuat banyak pasien yang dinyatakan positif.

Bahkan sebagian besar dari mereka merupakan pasien tanpa gejala yang diharuskan untuk melakukan isoman. Meski begitu, jangan langsung melakukan isoman tanpa berkonsultasi dengan Dotker, jika hasil tes positif.

Dokterlah yang berkompeten memutuskan apakah pasien cukup isoman di rumah, di fasilitas isolasi terpusat atau perlu dirawat di rumah sakit.

Dilansir dari kawalcovid19.id, Dokter jugalah yang berwenang untuk menentukan pemeriksaan lanjutan terhadap pasien Covid-19 antara lain pemeriksaan darah atau foto thorax. Konsultasi dokter sangat penting agar pengobatan sesuai kondisi dan mengantisipasi adanya hal buruk pada saat isoman.

Lantas bagaimana panduan untuk melakukan isoman di rumah? Berikut rincian lengkap panduannya berdasarkan Satgas Covid-19:

1. Tidur di Kamar Terpisah

Pastikan untuk tidur di kamar yang terpisah dengan anggota keluarga lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan terhadap anggota lainnya.

Apalagi virus Covid-19 dapat menular karena adanya kontak antar orang yang terjadi, sehingga penting untuk melakukan pisah ruangan dengan anggota keluarga lainnya.

2. Istirahat di Ruangan Berventilasi dan Pencahayaan Baik

Memastikan ruangan yang digunakan untuk beristirahat dilengkapi ventilasi serta pencahayaan yang baik juga penting adanya. Usahakan untuk tidak melakukan isoman di ruangan yang pengab dan lembab agar sirkulasi udara tetap terjaga baik.

3. Gunakan Kamar Mandi Terpisah dan Disinfektan Rutin

Menggunakan kamar mandi terpisah dari anggota lainnya yang ada di rumah juga perlu diperhatikan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kontak langsung dengan pasien Covid-19 yang sedang melakukan isoman.

Baca Juga :  Jombang PPKM Level 4, Ekonomi Tak Lagi Jalan di Tempat

Jangan lupa untuk menyemprotkan disinfektan secara rutin terutama pada benda-benda yang sering disentuh, Hal itu dilakukan guna mematikan virus-virus yang mungkin menempel pada beberapa benda.

4. Pakai Alat Makan, Minum dan Mandi Sendiri

Panduan isolasi mandiri berikutnya yakni tidak memakai alat makan, minum ataupun mandi yang sama dengan anggota rumah lainnya. Pastikan, peralatan tersebut digunakan secara pribadi dan khusus untuk pasien Covid-19 yang sedang menjalankan isoman.

5. Pakai Masker Dengan Benar

Masker juga menjadi salah  satu kunci keberhasilan saat sedang melakukan isoman. Pastikan untuk memakai masker dengan benar dan sesuai anjuran yang diberikan oleh pemerintah ataupun Satgas Covid-19. Dengan begitu, penularan pun dapat diminimalisir dengan baik.

6. Tidak Bepergian dan Menerima Tamu

Bagi seseorang yang sedang melakukan isoman, penting untuk tidak bepergian dan menerima tamu di rumah. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir penularan yang mungkin saat terjadi jika adanya kontak antara pasien positif dengan lainnya.

7. Rutin Pantau Gejala dan Laporkan Jika Gejala Makin Parah

Bagi seseorang yang sedang melakukan isoman, pantau secara rutin gejala yang terjadi pada tubuh. Lakukan pengukuran suhu tubuh setiap hari dan berkala.

Konsultasikan dengan Dokter jika dirasa keadaan semakin parah dan sudah tidak bisa tertangani dengan baik. Laporkan kepada petugas medis terdekat apabila kondisi dirasa semakin parah dan perlu penanganan yang lebih baik.

Baca Juga :  Unik dan Kreatif! Warga Jombang Manfaatkan Jemuran Bantu Sesama

8. Cuci Tangan Pakai Sabun dan Gunakan Hand Sanitizer

Mencuci tangan memakai sabun secara rutin harus dilakukan oleh pasien Covid-19 ataupun mereka yang tidak teridentifikasi sebagai pasien Covid-19. Jangan lupa gunakan hand sanitizer secara rutin pula, guna meminimalisir adanya virus pada tangan.

9. Jaga jarak Saat Beraktivitas

Menjaga jarak ketika beraktivitas juga harus dilakukan oleh mereka yang sedang melakukan isoman. Sebaiknya, aktivitas yang dilakukan ditiadakan dan lebih banyak melakukan istirahat untuk memulihkan kondisi.

10. Tangani Sampah Dengan Hati-Hati

Sampah dari seseorang yang sedang melakukan isoman juga harus ditangani dengan benar sesuai protokol kesehatan. Terlebih jika sampah itu berupa masker, maka perlu cara khusus untuk mencegah kontaminasi.

Pisahkan sampah masker di satu kantong khusus yang tertutup rapat dan buang terpisah dari sampah lainnya. Pastikan untuk menggunakan sarung tangan dan cuci tangan ketika hendak membuang sampahnya.

11. Orang Yang Merawat wajib Terapkan 4M

Tak hanya orang yang sedang melakukan isoman yang mesti melakukan protokol kesehatan 4M. Bagi orang yang merawatnya, wajib untuk menerapkan protokol 4M yang meliputi mencuci tangan, memakai masker,  menjaga jarak dan mengurangi mobilitas.

Jika perlu, gunakan pakaian Alat Pelindung Diri (APD)  saat terpaksa melakukan kontak langsung dengan pasien positif Covid-19 yang sedang melakukan isoman.

Nah, itulah panduan isolasi mandiri yang perlu diperhatikan. Jangan lupa untuk senantiasa memantau kondisi tubuh terutama suhu. Konsultasikan dengan dokter ataupun petugas medis terdekat bila kondisi dirasa makin memburuk.

 

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait