Coban Putri Masih Sepi, Pengelola Rela Tekor - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Coban Putri Masih Sepi, Pengelola Rela Tekor
Kanal Highlight Kanal Straight

Coban Putri Masih Sepi, Pengelola Rela Tekor

SATUKANAL.com, BATU – Meski pandemi Covid-19 mulai mereda, ada beberapa destinasi wisata yang masih murung. Coban Putri misalnya. Penurunan jumlah wisatawan masih terasa hingga kini. Air terjun yang berada di Dusun Tlekung, Kecamatan Junrejo ini nampak senyap.

Hanya beberapa motor saja yang berjejer rapi di tempat parkir. Wahana outbond yang biasa ramai juga terlihat melompong. “Sekarang dalam sebulan kurang lebih hanya ada 500 pengunjung. Padahal dulu bisa menyentuh angka 3 ribu pelancong,” jelas Pengelola Coban Putri, Suwandi kemarin (16/4).

Alasan masih belum membaiknya jumlah wisatawan, menurutnya karena daya beli masyarakat yang masih rendah. Mereka memilih untuk menggunakan pendapatan sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Dari pada menggunakannya berekreasi. Banyak orang yang dirumahkan atau diputus kerja juga faktor di dalamnya.

Baca Juga :  Diburu Warga, Stok Suplemen dan Vitamin Langka di Kediri

Alasan lain yang menyebabkan Coban Putri sepi ialah musim hujan yang kini sedang melanda. “Orang–orang kan otomatis jadi malas untuk keluar rumah. Kita wisata saat kondisinya hujan pasti juga tidak nyaman,” ucapnya. Akses masuk yang dulunya jadi penghalang wisatawan untuk berkunjung lantaran jalan yang masih berbatuan dan licin. Sekarang sudah diperbaiki menggunakan paving demi kenyamanan pengunjung.

Omzet guna perawatan objek wisata juga makin minim. Tidak ada pemasukan, meski biaya operasional rutin keluar. Bahkan Suwandi terkadang terpaksa menggunakan dana pribadinya untuk perawatan.

Baca Juga :  Jeruk Gamindo, Punya Kulit yang Tak Kalah Manis dari Buahnya

“Kami pakai dana yang ada. Kadang kalau tidak cukup ya ambil dari kantong pribadi,” paparnya. Ia berharap kedepannya objek wisata air terjun ini bisa kembali ramai. Pengunjung area Malang Raya ataupun luar daerah bisa berwisata dengan aman dan nyaman.

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait