Coban Putri, Dari Tempat Mesum Menjadi Wisata Penggerak Ekonomi Desa - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Coban Putri Kota Batu (Aris)
BERITA

Coban Putri, Dari Tempat Mesum Menjadi Wisata Penggerak Ekonomi Desa

Satuchannel.com, Kota Batu – Satu lagi objek wisata air terjun yang tak kalah indah di Kota Batu, Coban Putri yang terletak di Kecamatan Junrejo, Kota Batu. Air terjun yang berada di Dusun Krajan, Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo ini baru dalam masa pengerjaan fasilitas dan akses setahun terakhir.

Ketua LMDH Desa Tlekung, Suwandi mengatakan Coban Putri ini sebenarnya sudah dijadikan wisata sejak 6 tahun lalu, hanya fasilitasnya terbatas.

Coban Putri (Aris)

“Dahulu jalannya sangat susah dilalui kalau musim penghujan licin. Setahun ini kita bertahap mulai lagi percantik kawasan Coban Putri.” ujarnya saat ditemui satuchannel, Selasa (11/7).

Bekerjasama dengan pihak Perhutani Malang dan Larang Taruna Desa Tlekung pengembangan Coban Putri dilaksanakan. Beberapa fasilitas dan spot – spot foto ditambah.

Aliran sungai dari Coban Putri (Aris)

“Secara langsung kami juga diuntungkan dengan adanya akses Jalan Lingkar Barat yang dibuat Pemkot Batu.” tambahnya.

Nama Coban Putri sendiri dari beberapa pengakuan masyarakat sekitar yang sering melihat penampakan putri kerajaan Singosari mandi di bawah air terjun ini.

“Maka itu oleh masyarakat sering menyebutnya Coban Putri. Saya pun juga pernah melihat perempuan cantik tersebut mandi di sini pada malam hari.” ungkap Suwandi.

Coban Putri (Aris)

Sebelum dimanfaatkan untuk wisata, dahulu Coban Putri ini digunakan tempat mesum dan mabuk – mabukan, namun dengan adanya akses Jalan Lingkar Barat pihak désa bersama Perhutani mengembangkan wisata ini untuk kesejahteraan masyarakat lokal.

“Kami libatkan semua elemen désa mas, yang jaga parkir, yang jaga spot – spot itu juga dari Karang Taruna. Spot – spot ini juga iuran swadaya dari masyarakat desa, terlebih kita ada BUMDes juga.” ujarnya.

Ke depan, pihaknya akan menambahkan spot – spot foto dan spot ekstrim untuk lebih menarik pengunjung ke Coban Putri. Supaya nanti masyarakat juga bisa lebih merasakan manfaat secara ekonomi. (Aris)

Kanal Terkait