Cerita Penyintas Covid di Jombang Hibahkan Plasma Darah Konvalesen - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Pendonor Plasma Darah Konvalesen.
BERITA Kanal Straight

Cerita Penyintas Covid di Jombang Hibahkan Plasma Darah Konvalesen

Satukanal.com, Jombang – Pernah terkonfirmasi Positif Covid 19 hingga akhirnya sembuh. Luhur Wahyu hibahkan diri jadi pendonor Plasma Kovalesen untuk pasien Covid 19. Sebagai salah satu warga jombang yang menjadi pendonor plasma kovalen, Luhur mengatakan memang ingin donor plasma ini untuk pasien covid 19.

“Akhirnya keturutan juga ngidam donor plasma konvalesen, keinginan donor sudah lama sebetulnya, karena minim informasi dan informasi yang ada PMI jombang belum tersedia alat untuk donor plasma” ucapnya pada Selasa (3/8/2021).

Saat ditanya bagaimana pria yang akrab disapa luhur ini mau menjadi donor plasma kofalesen? ia menjawab semua berawal dari WAG Jalaluddin Hambali, rekannya. Rekannya tersebut mengatakan bahwa donor bisa dilakukan di PMI Sidoarjo atau Surabaya, dengan mendaftar dan screening terlebih dahulu di PMI Jombang.

Baca Juga :  3.500 Santri Tebuireng Dapat Jatah Vaksinasi

“Akhirnya hari itu, pukul 10 pagi tadi saya bergegas menuju Sidoarjo setelah mendapat kabar saya lolos screening dari petugas PMI via whatsapp. Sampai lokasi istirahat sebentar, data ulang, langsung eksekusi,” ujarnya.

Lebih lanjut, apakah ada perbedaan donor biasa dengan donor plasma? Disampaikannya bahwa berbeda dengan proses donor darah pada umumnya. Donor ini hanya diambil plasmanya, cairan ini berwarna kuning.

“Prosesnya darah diambil dari tubuh diolah atau difilterisasi (phlasmapheresis) darah merah atau trombosit dikembalikan ketubuh. Proses donor plasma membutuhkan waktu kurang labih 45 menit,” ungkapnya.

Baca Juga :  Warung 'Bekpe' Tempat Ngopi Para Santri di Jombang, Berdiri Sejak 1988

Usai donor plasma, ia merasakan badannya terasa bugar dan nafsu makan menjadi tinggi. “Badan sih terasa bugar, enteng, nafsu makan jadi tinggi. Oh iya, usai donor dapat bingkisan, cukup kaget karena berat bukan hanya snack tapi juga dapat beras dan gula,” katanya.

Sebagai pesan kepedulian pria yang merupakan pengurus lembaga seni budaya PC GP Ansor Jombang periode 2014-2018 ini berpesan, untuk kawan dan rekan penyintas, jangan ragu untuk #salingbantu segera daftar ke PMI Jombang, tidak sedikit yang menaruh harapan dari para pendonor.

“Saya boleh donor tiap 2 minggu selama antibody saya masih cukup,” pungkasnya.

 

 

Pewarta: Anggit Puji 
Editor: Ubaidhillah 

Kanal Terkait