SATUKANAL.COM
Cek Bantuan Kuota Data Internet Gratis, Mendikbud Kunjungi Wilayah Paling Selatan Indonesia
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Cek Bantuan Kuota Data Internet Gratis, Mendikbud Kunjungi Wilayah Paling Selatan Indonesia

SATUKANAL.com, NASIONALMenteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim melakukan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Rote untuk melakukan pengecekan dan memastikan bahwa program bantuan kuota data internet yang diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) benar-benar sampai pada wilayah yang dituju.

Kunjungan kerja yang dilakukan oleh Nadiem Makarim dilakukan karena, adanya informasih bahwa masih ada beberapa siswa dan guru yang belum menerima bantuan kuota data internet gratis, hal tersebut disebabkan karena masih banyak kepala sekolah yang belum menandatangani surat pertanggungjawaban mutlak (SPTJM).

“Untuk SPTJM, cukup tanda tangan, foto dan diunggah. Kuota data internet akan langsung dikirim oleh operator asal nomor ponselnya aktif. Tidak perlu ada izin dari dinas pendidikan,” ujar Mendikbud.

Mednikbud juga menjelaskan bahwa, setiap bulannya bantuan yang berupa kuota data internet gratis akan disalurkan dengan kuota sebanyak dua kali. Pemberian kuota gratis dibeberapa siswa dan tenaga pendidik ini, diperlukan adanya keaktifan dari pihak kepala sekolah masing-masing. Apabila nantinya dari pihak kepala sekolah telah memenuhi setiap tahapan secara benar, maka penyaluran bantuan kuota internet gratis pun dapat segera disalurkan.

Baca Juga :  Fenomena Long Covid Ditengah Pandemi Yang Belum Usai

Nadiem mengatakan bahwa pihak Kemendikbud telah menyalurkan bantuan kuota gratis ini kepada 35 juta peserta didik, guru-guru, mahasiswa serta dosen Universitas. Pemebrian kuota internet gratis ini juga telah terbagi menjadi empat kategori.

Kategori pertama, bantuan kuota internet untuk peserta didik jelang PAUD yang diberikan sebesar 20 GB per bulannya. Kategori kedua yakni peserta didik yang ada pada jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang mendapatkan 35 GB setiap bulannya. Ketiga, Pendidijan jenjang PAUD, pendidikan dasar dan menengah yang mendapatkan 42 GB per bulannya. Keempat, dosen dan mahasiswa yang mendapatkan bantuan kuota internet sebesar 50 GB per bulan.

Siswa kelas XI berasal dari SMA Rote Tengah yang menjadi Duta Pelondou, pada saat kunjungan Mendikbud, Nadiem Makarim, menyampaikan ucapan terimakasihnya secara langsung mengenai pemberian kuota internet gratis yang telah disebarkan di wilayah-wilayah Indonesia.

“Setahun ini saya merasakan banyak perubahan oleh Bapak Menteri. Apalagi diberikan bantuan kuota untuk belajar jarak jauh.” Tuturnya.

Baca Juga :  Nadiem Makarim: Bantuan Operasional Sekolah 2021 untuk Wilayah 3T Bisa Digunakan untuk Guru Honorer

Ia juga menyampaikan agar nantinya pemberian kuota internet gratis ini dapat mengutamakan penyebaran di wilayah perbatasan. “Semoga Bapak Menteri semakin memperhatikan kami anak-anak Rote, agar kami dapat berkembang lebih pesat lagi,” ucapnya.

Pada kuinjungan Mendikbud kali ini juga menyempatkan untuk mendatangi beberapa sekolah diantaranya, SMK Negeri 1 Rote Barat, SD Negeri Ndao, SMP Negeri 3 Lobalain, SMA Negeri 1 Lobalain, dan TK Negeri Pembina.

Sebelumnya, pada hari pertama kedatang pada Selasa (10/11/2020), Mendikbud mengunjungi pusat pengrajin kain tenun Rote, situs cagar budaya Masjid An Nur, situs cagar budaya Raja Rote, dan situs cagar budaya Gereja Mengelama.

Kunjungan kali ini Mendikbud juga didampingi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Jumeri, Staf Khusus Mendikbud Bidang Media dan Komunikasi, Muhammad Heikal, Direktur SD, Sri Wahyuningsih, Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar, Rachmadi Widdiharto, Kepala LMPM Provinsi Nusa Tenggara Timur, Muhamad Irfan, dan Bupati Kabupaten Rote Ndao Paulina Haning Bulu.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait