SATUKANAL.COM
Disinfektan
Foto : Dokumen Kominfo Kabupaten Kediri
BERITA ISU PILIHAN STRAIGHT NEWS

Cegah Corona, Pemkab Kediri Semprotkan Disinfektan di Fasum Hingga Ponpes

SATUKANAL, KEDIRI – Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasilitas umum (fasum) dan pondok pesantren (ponpes) di Kabupaten Kediri. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan penyebaran virus Covid-19 (Corona)., Jumat (20/3/2020).

Saifudin Zuhri, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Kediri menjelaskan, penyemprotan ini sengaja dilakukan untuk meminimalkan potensi penyebaran virus Corona di wilayah Kabupaten Kediri.

“Penyemprotan disinfektan ke fasilitas umum seperti pasar, terminal, termasuk pondok pesatren ini adalah salah satu upaya untuk menghambat penyebaran virus corona atau Covid-19,” kata Saifudin, Jumat (20/3/2020).

Saifudin juga mengatakan, penyemprotan disinfektan ini akan terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Kediri hingga status siaga darurat dicabut oleh pemerintah pusat.

“Kegiatan penyemprotan ini kita lakukan secara kontinyu dan maksimal sampai status siaga darurat belum dicabut,” tegasnya.

Baca Juga :  Satu Pasien Positif Corona di Kediri Meninggal Sebelum Hasil Swab Keluar

Selain penyemprotan disinfektan, Pemkab juga memberikan handsanitizer di beberapa titik fasilitas umum dan pondok pesantren. Sehingga, masyarakat yang berkunjung ke fasilitas umum dapat membersihkan tangan dari bakteri dan khususnya virus Corona.

“Tidak hanya dilakukan penyemprotan disinfektan tapi nantinya kita taruh handsanitizer di tempat-tempat fasum dan tempat-tempat pelayanan masyarakat, yang kita ajari untuk hidup sehat dan cuci tangan dengan benar agar semua masyarakat Kediri terhindar dari Covid-19,” tambah Saifudin.

Sembari penyemprotan dan pemasangan handsanitizer, Putut Agung Subekti, Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri menyatakan, beberapa fasilitas umum di Kabupaten Kediri termasuk taman di kawasan SLG ditutup untuk sementara.

“Tujuan yang pertama adalah adalah untuk menyeterilkan tempat dari kerumunan, yang kedua agar petugas penyemprot disinfektan tidak ada halangan untuk menyemprotkan cairan pembunuh virus tersebut,” tuturnya.

Baca Juga :  Satu Pasien Dalam Pengawasan Dirawat di RSUD Pare

“Memang seharusnya di area taman dilakukan penyemprotan disinfektan di sarana-sarana yang dipegang langsung oleh pengunjung, seperti bangku taman, pegangan tangga dan tempat-tempat yang sering digunakan pengunjung,” tambah Putut.

Lebih lanjut, Putut menambahkan, masyarakat Kabupaten Kediri diharapkan untuk sementara tidak mendatangi fasilitas umum maupun tempat wisata. Hal itu untuk menjaga diri dari serangan virus Corona.

“Diharap kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan sesuai himbauan Bupati Kediri, tidak berkunjung ke tempat-tempat keramaian maupun berkumpul dengan jumlah masa yang banyak serta kurangi bersentuhan dengan warga lainnya,” pungkasnya.

Pewarta : Muchlis Ubaidhillah

Redaktur: N Ratri

    Kanal Terkait