Catat! Ini 4 Sekolah Kedinasan Untuk SMK Yang Dibiayai Pemerintah - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Catat! Ini 4 Sekolah Kedinasan Untuk SMK Yang Dibiayai Pemerintah
Kanal Straight

Catat! Ini 4 Sekolah Kedinasan Untuk SMK Yang Dibiayai Pemerintah

SATUKANAL.com, NASIONAL Tak perlu khawatir, ada sekolah kedinasan untuk SMK yang bisa jadi satu dari sekian banyak pilihan. Terkadang, bagi lulusan SMK bingung dalam menentukan jenjang mana yang akan ditempuh selanjutnya.  Pilihan ini dirasa menjadi solusi bagus bagi pelajar SMK yang punya keinginan bekerja secepatnya. Berikut, rekomendasi sekolah kedinasan yang dapat diperuntukkan untuk kalangan SMK:

1. STTD

Sekolah kedinasan untuk SMK lainnya yakni Sekolah Tinggi Transportasi Darat atau STTD. Bagi anak SMK di bidang otomotif, sekolah dirasa sangat sesuai sekali. Sekolah ini dinanungi elh Kementerian Perhubungan secara langsung.

Saat telah menyelesaikan masa studi di STTD. Biasanya juga akan ditempatkan di berbagai Dinas Perhubungan di wilayah Indonesia. Sedagkan untuk biayanya juga gratis, karena dibiayai oleh pemerintah.

2. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

STAN adalah sekolah kedinasan yang bisa dijadikan pilihan oleh anak SMK. Tak hanya dari SMK, STAN juga bisa dimasuki oleh lulusa SMA. Bagi anak SMK terutama yang berasal dari bidang akuntansi, tentu sekolah ini menjadi pilihan yang menarik untuk dimasuki.

Baca Juga :  19 November, Indonesia Bakal Saksikan Gerhana Bulan Terpanjang

Meski begitu, agar bisa masuk ke sekolah ini dibutuhkan seleksi yang benar-benar ketat. Akan tetapi, saat sudah lolos, seluruh biaya belajarnya gratis. Jadi sekolah ini dapat dijadikan pula pilihan.

3. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

STSN yaitu sekolah yang juga bisa dijadikan pilihan oleh anak SMK. Rata-rata, anak SMK yang mendaftar ke STSN yakni lulusan di bidang multimedia atau teknik perkomputeran. Untuk itu, diperlukan kemahiran dalam bidang IT dan mengerti seluk beluknya.

Tahapan ketatpun harus dihadapi oleh para anak SMK yang ingin memasuki STSN. Ada berbagai tahapan tes yang harus dihadapi, mulai dari seleksi administrasi, seleksi tulis serta tes kesehatan. Begitu halnya dengan sekolah kedinasan lainnya, STSN juga menggratiskan siswanya yang belajar disana.

Baca Juga :  CPNS APP Calon Hakim 2021, Mahkamah Agung Rencanakan Wawancara Dilakukan Secara Daring dan Tatap Muka

4. Sekolah Tinggi Inteligen Negara (STIN)

STIN di bawahi langsung oleh BIN atau Badan Intelijen Negara. Sekolah ini juga menggratiskan semua siswanya saat berhasil lolos seleksi dan diterima di tempat tersebut. STIN juga memiliki banyak peminat dari SMK.

Untuk siswa STIN yang telah lulus, nantinya akan direkrut oleh Badan Intelijen Negara sebagai anggotanya. Untuk jejang karirnya sendiri, lulusan terbilang menjajikan. Namun, untuk dapat lolos  sebagai siswa STIN dibutuhkan persiapan yang keras dan matang. Apalagi, proses seleksinya sangat sulit dengan berbagai tes yang harus ditempuh.

Nah, ulasan di atas beberapa ulasan terkait sekolah kedinasan untuk SMK. Bagi para anak SMK yang akan melanjutkan sekolah dan terhambat biaya, sekolah di atas bisa dijadikan pilihan. Bagaimanapun juga, seluruh pembiayaannya gratis dan ditanggung pemerintah.

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait