Cari Lahan Makam Baru di Kota Malang, Disperkim Survei Sejumlah Kawasan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA

Cari Lahan Makam Baru di Kota Malang, Disperkim Survei Sejumlah Kawasan

Kondisi lahan makam di tempat pemakaman umum (TPU) yang dikelola Pemkot Malang saat ini memang sudah mengalami overload atau kelebihan kapasitas. Bahkan beberapa makam harus menjadi makan tumpangan akibat lahan yang habis namun jumlah jenazah yang dikuburkan terus bertambah.

Sebut saja TPU Gading Kasri, Klojen, Kota Malang, sudah mengalami overload. Bahkan di makam tersebut, sudah terdapat 448 makam tumpangan.

Sebenarnya TPU Gading Kasri hanya mampu menampung 1.609 meter persegi makam dari luasan lahan makam 3.218 meter persegi. Sementara saat ini lahan yang terpakai di TPU itu sebanyak 2.057 meter persegi.

Karena itu, Pemkot Malang saat ini tengah berencana untuk melakukan penambahan lahan makam di Kota Malang. Terkait rencana penambagan lahan makam tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Perumahan dan Pertanahan Disperkim Kota Malang Ir Lilis Pujiharti menjelaskan, setelah hasil kajian-kajian untuk memperoleh lokasi yang strategis, Disperkim bersama konsultan telah melakukan survei lahan.

Baca Juga :  Aglomerasi Jadi Sebab Malang Stay di Level 4

Saat ini juga telah ada rekomendasi terkait lahan yang memiliki luas cukup untuk pemakaman. “Nyarinya kan lahan yang memang berpotensi luas. Ada beberapa rekomendasi lahan yang disurvei bersama kepala dinas juga,” ungkap Lilis saat ditemui kami (25/3/2019).

Terkait lokasi lahan yang direkomendasikan tersebut, Lilis masih belum menyebut secara detail. Disperkim beralasan masih merahasiakan lokasi lahan makam yang direkomendasi untuk menghindari spekulan-spekukan yang bisa saja mengambil keuntungan dari pengadaan lahan tersebut.

Baca Juga :  Mahasiswa FTP UB Manfaatkan Piperin di Cabai Puyang sebagai Balsam untuk Nyeri Otot

“Namun yang jelas, untuk pengembangan lahan makam seperti arahan Pak Wali ke wilayah timur. Kedungkandang. Soalnya, di sana masih luas lahannya” ucapnya.

Untuk pengadaan lahan makam, Pemkot Malang menargetkan lahan makam baru seluas 100 hektare. Namun hal itu tampaknya masih terganjal jumlah anggaran yang ada.

“Untuk itu, nantinya pengadaan lahan secara bertahap. Sebab, anggarannya belum memadai. Saat ini yang ada sebesar Rp 5,7 miliar hanya cukup untuk lahan 7.000 meter persegi sekian. Nggak sampai satu hektare,” pungkasnya.

Kanal Terkait