Cara Membuat Teh Bunga Telang, Tingkatkan Imun di Masa Pandemi - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
-Cara Membuat Teh Bunga Telang, Tingkatkan Imun di Masa Pandemi
BERITA HIGHLIGHT KOTA KEDIRI

Cara Membuat Teh Bunga Telang, Tingkatkan Imun di Masa Pandemi

SATUKANAL.com, KEDIRI – Kasiat Teh Bunga Telang dipercaya menjadi penambah imunitas didalam tubuh dimasa pandemi Covid-19. Permasalahan pengobatan terkait virus Covid-19 yang masih belum ditemukan, maka solusi pencegahan peningkatan imunitas tubuh, masih menjadi anjuran utama dari pemerintah saat ini.

Seperti yang dilakukan oleh Titin Suhartini warga kelurahan Mojoroto, Kota Kediri. Dirinya hampir setiap hari mengkonsumsi minuman teh bunga Telang yang diracik sendiri, guna meningkatkan imunitas tubuh ditengah masa pandemi Covid-19.

Sehingga memang cocok untuk ramuan dimasa pandemi. “Ini bagus sekali, apalagi kita konsumsi dimasa pandemi seperti ini. Bagus untuk meningkatkan imun untuk tubuh kita,” ucapnya, kepada Satukanal.com, Kamis (26/11/2020).

Titin, begitu panggilan akrabnya, sehari-hari sebagai ibu rumah tangga berusia 46 tahun. Sangat gemar mengkonsumsi teh Bunga Telang, dikarenakan memang sejak lama hobi dengan ramuan jamu herbal. Selain itu, bahan dasar bunga Telang sendiri mudah didapatkan di pekarangan rumahnya.

Baca Juga :  Kesulitan Memberi Makan Ular Piton, Si Pawang Tawarkan Foto Bersama di Trotoar

Berbudidaya bunga Telang ini mudah, menurutnya dengan pekarangan sempit sekalipun bisa, ataupun menggunakan Poliback. Sifat dari tanaman bunga Telang yang merambat, maka harus menyediakan media alur perambatannya.

“Bunga Telang ini sendri dulunya adalah tanaman liar, tapi sekarang mulai sudah dibudidayakan. Begitu seiring dengan pengetahuan masyarakat terkait manfaat bunga Telang,” ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan untuk pembuatan satu cangkir teh bunga Telang, diperlukan bahan dasar bunga telang sebanyak 4, hingga 5 tangkai.

Untuk pemanis dapat menggunakan gula batu atau madu untuk menambah khasiat herbalnya. Dilanjutkan dengan irisan daun serai, disertai perasan jeruk nipis atau lemon, setelah itu siapkan secangkir air panas.

“Gula batu dan irisan serai tadi kita masukan ke cangkir bersama bunga telang tadi, lalu kita tuangkan air panas. Kita tunggu untuk mengendap, sampai warna biru dari bunga telang keluar, setalah berwarna biru, kita tuang dengan jeruk nipis, dan diaduk,” jelasnya.

Baca Juga :  Aksi Tuntutan Nasabah AJB Bumiputera, Begini Jawaban OJK Kediri

Dari hasil adukan tersebut akan terjadi reaksi kimia antara warna biru bunga Telang dengan perasan air jeruk nipis. Nantinya akan menghasilkan perubahan menjadi warna ungu yang menarik.

“Nah, inilah zat yang menghasilkan auto imun, untuk tubuh kita,” pungkasnya.

Akhir-akhir ini, ide bunga Telang ini juga telah diikut sertakan dalam lomba Dancow Nasional, yang dibawakan oleh puteranya bernama Adven Theo Harjuno Nugroho, siswa kelas empat di SD Katholik Frateran II Kota Kediri.

“Harapannya supaya anak-anak juga suka dengan ramuan herbal, bukan hanya tentang minuman. Tapi ada nilai edukasi didalamnya,” pungkasnya.

Pewarta : Anis Firmansah
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait