Cara Ampuh Basmi Nyamuk di Rumah Saat Musim Hujan Tiba - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Cara Ampuh Basmi Nyamuk di Rumah Saat Musim Hujan Tiba
Ilustrasi nyamuk (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Cara Ampuh Basmi Nyamuk di Rumah Saat Musim Hujan Tiba

Satukanal.com, Nasional – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan puncak musim hujan akan terjadi di rentang bulan Desember 2021 hingga Februari 2022. Datangnya musim hujan ini menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

Penyakit yang muncul salah satunya disebabkan oleh nyamuk. Gigitan nyamuk selain membuat bentol, juga bisa membawa berbagai penyakit. Misalnya demam berdarah, malaria, ataupun penyakit kulit seperti iritasi dan gatal-gatal.

Oleh sebab itu, kamu harus tahu bagaimana cara mengusir nyamuk saat musim hujan. Simak tips dari Satukanal.com berikut ini.

1. Rajin bersihkan rumah

Cara membasmi nyamuk paling ampuh yakni dengan rajin membersihkan rumah. Ketika rumah bersih dan tidak ada sampah atau kain bertumpukan maka ruangan akan bebas nyamuk. Namun sebaliknya, apabila di ruangan banyak kain baju yang berserakan, maka akan menjadi sarang para nyamuk.

Ketika kondisi sampah menumpuk, tak jarang banyak nyamuk yang berkembang biak. Sehingga, buanglah sampak setiap hari agar tidak menjadi sarang penyakit.

Baca Juga :  19 November, Indonesia Bakal Saksikan Gerhana Bulan Terpanjang

2. Tutup jendela

Selanjutnya, agar nyamuk tidak berkembang biak didalam rumah, tutup rapat semua pintu dan jendela sebelum matahari terbenam. Apabila kamu tak suka menutup rapat-rapat, pasangkan jaring-jaring pada setiap pintu, jendela, dan ventilasi yang ada agar nyamuk tidak bisa masuk.

3. Jangan menggantung baju

Musim hujan memang membuat baju susah kering. Akhirnya kamu pun sering menggantung baju sebelum dicuci dan menggantung ulang jemuran baju yang belum kering di dalam rumah. Alhasil baju-baju yang menggantung ini menjadi tempat nyamuk berkerumun.

4. Cat rumah dengan warna yang terang

Nyamuk senang tinggal di tempat-tempat yang gelap, jadi cat rumah yang gelap seperti biru tua, hijau tua, abu-abu, dan hitam hanya akan membuat rumah menjadi sarang nyamuk. Segera ganti cat rumahmu dengan warna terang. Beberapa warna cat rumah yang ampuh membuat nyamuk tidak nyaman di rumah adalah putih, kuning, dan oranye.

Baca Juga :  Diet Sehat 1200 Kalori Untuk Seminggu, Ini Menunya

5. Gunakan Kapur Barus

Selanjutnya untuk menyingkirkan nyamuk di musim hujan adalah dengan memanfaatkan kapur barus atau kamper. Kamper sangat bermanfaat untuk mengusir nyamuk. Caranya, cukup letakan kamper tersebut di beberapa sudut rumah. Tempatkan kamper di ruangan yang biasa disinggahi nyamuk dan biarkan ruangan tertutup selama beberapa menit.

6. Gunakan obat nyamuk bakar atau elektrik

Cara terakhir paling ampuh untuk mengusir nyamuk yakni dengan menggunakan obat nyamuk. Obat nyamuk pun kini banyak pilihannya, ada obat nyamuk bakar dan elektrik. Letakkan obat nyamuk di tempat yang banyak nyamuk. Lalu tunggu beberapa menit, maka nyamuk akan mati dan hilang seketika.

 

 

Editor : Naviska

Kanal Terkait