Ingin Berhenti Merokok? Ini Cara Ampuh Atasi Kecanduan Nikotin - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Ingin Berhenti Merokok? Ini Cara Ampuh Atasi Kecanduan Nikotin
Ilustrasi perempuan merokok (Foto: Pixabay.com)
BERITA Kanal Artikel

Ingin Berhenti Merokok? Ini Cara Ampuh Atasi Kecanduan Nikotin

Satukanal.com, Nasional – Berhenti merokok adalah tantangan besar bagi para perokok aktif yang sudah kecanduan nikotin. Apalagi,  bagi seseorang yang sudah gemar merokok dan menjadikannya sebagai kebiasaan.

Diketahui, setiap batang rokok terkandung bahan kimia yang berdampak buruk ke kesehatan. Tak heran banyak orang sudah sadar bahwa kegiatan merokok yang dijalani selama ini memiliki dampak buruk bagi kesehatan akan mencari cara efektif untuk berhenti merokok.

Melansir dari hellosehat.com, berikut adalah cara ampuh untuk berhenti dari efek candu rokok. Simak selengkapnya.

1. Cari kesibukan

Ketika gejala kecanduan nikotin mulai muncul, coba alihkan perhatian Anda secepat mungkin. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, mulai dari main game, main alat musik, membaca buku, pergi jalan-jalan, atau tidur. Beberapa cara tersebut sangatlah ampuh untuk menahan diri ketika ingin menghisap rokok lagi.

Baca Juga :  Pakai Masker Muncul Jerawat? Ini Cara Atasi 'Maskne'

2. Istirahat yang cukup

Ketika berhenti merokok, Anda mungkin sering merasa cepat lelah dan tidak bertenaga. Hal ini normal terjadi karena tubuh Anda bekerja lebih ekstra untuk menghilangkan efek kecanduan nikotin.

Sebagai solusinya, pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap hari, misalnya dengan tidur siang. Bila tidak memungkinkan, tidurlah lebih awal dan pastikan Anda tidur minimal 7-8 jam supaya tubuh kembali segar.

3. Meminum dengan sedotan

Meminum minuman segar dengan menggunakan sedotan ternyata bisa membantu Anda untuk berhenti merokok. Menyeruput minuman dengan sedotan membuat tubuh Anda melepaskan hormon dopamin yang dapat meningkatkan suasana hati.

Baca Juga :  Tidak Disangka, Ini 5 Manfaat Musik Metal Bagi Kesehatan

4. Rajin berolahraga

Diketahui, olahraga dapat membantu untuk mengurangi hasrat Anda terhadap nikotin. Ketika hasrat untuk merokok Anda datang, lakukan olahraga seperti jalan kaki, berenang atau lari. Bergaul dengan orang-orang yang memiliki gaya hidup sehat juga sangat membantu Anda agar bisa berhenti merokok.

5. Ingat manfaat berhenti merokok

Sekitar 20 menit setelah Anda berhenti merokok, denyut jantung Anda akan kembali normal. Dalam waktu sehari, kadar karbon monoksida dalam darah Anda juga akan menurun drastis. Setelah 2-3 minggu berhenti merokok, Anda juga telah menurunkan resiko serangan jantung. Jika anda persisten melakukan semua langkah tersebut, anda akan berhasil berhenti merokok dan hidup lebih sehat.

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait