Capaian Vaksinasi Covid di Blitar Jauh dari Target - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Vaksinasi covid di Kabupaten Blitar (istimewa)
BERITA Kanal Straight

Capaian Vaksinasi Covid di Blitar Jauh dari Target

vaksiSatukanal.com, Blitar – Capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Blitar hingga hari ini baru di angka 55,8 persen. Jumlah ini dinilai masih jauh dari target daerah.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar Endah Woro Utami mengatakan, saat ini jika dilihat dari lokasi vaksinasi hanya ada 48 persen warga yang melakukan vaksinasi di wilayah Kabupaten Blitar. Namun jika dilihat dari KTP sudah mencapai 55,8 persen.

“Kemungkinan ada warga kabupaten yang ikut vaksinasi di daerah lain membuat ada perbedaan angka. Yang vaksinya di Kabupaten tercatat ada 48 persen, sementara berdasarkan KTP sudah 55,8 persen,” ujarnya, Rabu (13/10/2021)

Baca Juga :  Polisi: Barang Misterius Dilempar ke Lapas Blitar Adalah Sabu

Selain itu, untuk vaksinasi lansia Kabupaten Blitar baru mencapai 23,57 persen. Padahal untuk bisa melaju ke Level 1 dan pemberlakuan kenormalan baru, minimal vaksinasi lansia harus menyentuh angka 60 persen.

“Untuk lansia kita masih harus kerja keras. Karena belum mencapai separuh dari target sebanyak 60 persen,” tegasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa belum tercapainya target vaksinasi salah satunya karena banyak masyarakat yang pilih-pilih vaksin. Kebanyakan warga memilih untuk menggunakan vaksin Sinovac. Sementara ketersediaan vaksin Sinovac masih terbatas.

Baca Juga :  Fakta Baru, Penyebab Suami Bunuh Istri di Blitar Diduga Lantaran Orang Ke-3

“Kesadaran masyarakat kita memang masih perlu ditingkatkan. Mereka kebanyakan pilih-pilih vaksin. Jadi maunya kalau vaksinnya Sinovac padahal stoknya terbatas,” kata Woro.

Warga biasanya menghindari vaksin Astra Zaneca karena takut dengan Kejadian Pasca Imunisasi (KIPI).

“Alasannya salah satunya karena takut KIPI. Padahal kasus KIPI itu tidak akan terjadi kepada semua orang. Kita upayakan door to door utamanya untuk lansia. Namun memang kalau untuk di Kabupaten Blitar sedikit berat. Karena medan yang sulit serta luasan wilayah,” tutupnya.

 

 

 

Pewarta: Gilang Bachtiar 

Editor: Ubaidhillah

 

Kanal Terkait