Capai Layanan Terbaik, Dispendukcapil Madiun Raih Anugerah Karya Utama Adminduk 2020 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Capai Layanan Terbaik, Dispendukcapil Madiun Raih Anugerah Karya Utama Adminduk 2020
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Capai Layanan Terbaik, Dispendukcapil Madiun Raih Anugerah Karya Utama Adminduk 2020

SATUKANAL.com, MADIUN– Pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Madiun berhasil meraih penghargaan Anugerah karya Utama Adminduk 2020 tingkat Provinsi Jawa Timur kategori terbaik I.

Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun Asmawi mengatakan bahwa kota dan kabupaten Madiun menjadi terbaik pertama capaian pelayanan Adminduk dengan jumlah penduduk 0-750 ribu jiwa.

“Setidaknya terdapat sepuluh kota dan kabupaten di Jawa Timur yang memiliki jumlah penduduk di rentang 0-750 ribu jiwa,” ungkapnya

Penghargaan dari Kepala Dinas Pemberdayaan perempuan, Perlindungan anak dan kependudukan Provinsi Jawa Timur diterima Amawi bersamaan dengan Rakor Pengembangan Pusat Informasi Melalui Optimalisasi Pemanfaatan NIK dan Data Kependudukan se-Jawa Timur. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.

“Jadi kita tidak tahu sebelumnya. Karena undangannya hanya rapat tetapi ada penghargaan di dalamnya,” lanjut Asmawi.

Asmawi menyebut bahwa perekaman E-KTP di Kota Madiun mencapai 99 persen. Dengan indikator penilaian dan capaian tersebut menurutnya memang cukup baik.

“Padahal target nasional hanya 98 persen. Begitu juga dengan Kartu Identifikasi Anak (KIA) yang mencapai 81,33 persen. Sedang, target pusat hanya 20 persen. Capaian layanan akta kelahiran juga tak kalah baik. Layanan akta lahir di Kota Madiun Mencapai 98,9 persen. Padahal, target nasional hanya 95 persen,” jelasnya.

Di akhir pernyataannya, Asmawi mengatakan bahwa dinasnya memang berada di level 4 layanan Adminduk. Dispendukcapil Kota Madiun sudah memnuhi 9 indikator yang meliputi penerapan tanda tangan elektronik (TTE), pelayanan online dan pelayanan integrasi.

Tak lupa Asmawi juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada berbagai pihak yang telah membantu terselenggaran dan terwujudnya capaian layanan adminduk tersebut.

 

 

 

Pewarta: Adinda A.I.U.
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait