Capai 18,53 Persen, Penjual Eceran di Malang Alami Peningkatan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Capai 18,53 Persen, Penjual Eceran di Malang Alami Peningkatan
STRAIGHT NEWS

Capai 18,53 Persen, Penjual Eceran di Malang Alami Peningkatan

Satukanal.com, Malang – Pada Maret 2021 ini, Penjual eceran di Malang diperkirakan alami peningkatan dan telah tumbuh mencapai 18,53 persen. Besaran tersebut mengacu pada hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) Bank Indonesia Malang.

Pada bulan Maret ini, pertumbuhan sebesar itu meningkat jika dibandingkan dengan realisasi penjualan pada Februari 2021, yang hanya sebesar 3,32 persen.

Selain itu pada Maret 2021 ini, omset penjualan eceran didominasi oleh kelompok kendaraan sebesar 53,68 persen. Selanjutnya diikuti oleh kelompok bahan bakar kendaraan bermotor sebesar 16,01 persen, dan suku cadang dan aksesoris sebesar 11,82 persen.

“Share omzet penjualan eceran didominasi oleh kelompok kendaraan sebesar 53,68 persen. Kemudian, diikuti oleh kelompok bahan bakar kendaraan bermotor sebesar 16,01 persen, dan suku cadang dan asesoris sebesar 11,82 persen,” ujar Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang, Azka Subhan.

Pertumbuhan penjualan secara bulanan diperkirakan terjadi pada beberapa kelompok komoditas. Kelompok makanan, minuman dan tembakau tercatat tumbuh positif sebesar 12,24 persen (mtm).

Baca Juga :  Catat! Ini Syarat Terbaru Perjalanan Dalam Negeri Mulai 1 April 2021

Dari data tersebut menunjukan peningkatan jika dibandingkan dengan realisasi penjualan pada bulan Februari 2021 yang terkontraksi sebesar -6,82 persen (mtm).

Faktor peningkatan tersebut terjadi karena, Pasokan yang terjaga serta daya beli masyarakat yang mulai pulih seiring dengan peralihan PPKM menjadi PPKM Mikro pada Maret 2021 ini.

Selain itu, Kategori kelompok kendaraan tercatat mengalami peningkatan sebesar 28,11 persen (mtm) meningkat jika dibandingkan dengan realisasi penjualan pada bulan Februari 2021 sebesar 4,02 persen (mtm).

Pemberlakukan PPnBM 0 persen dan pelonggaran uang muka Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) hingga 0 persen turut mendorong daya beli masyarakat. Kelompok barang ini mengalami peningkatan sebesar 21,33 persen (mtm) meningkat jika dibandingkan dengan realisasi penjualan pada Februari 2021 yang tercatat sebesar 8,59 persen (mtm).

KPwBI Malang menyampaikan, Peningkatan di kelompok barang lainnya disumbang oleh sektor kosmetik. Hal ini juga dikonfirmasi oleh contact liaison yang menyatakan peningkatan permintaan produk personal care.
KPwBI Malang juga mengindikasikan keyakinan konsumen dalam membeli barang mulai meningkat. Sepanjang bulan Maret 2021, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tercatat mengalami peningkatan, yakni sebesar 96,08 atau lebih tinggi jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yaitu sebesar 80,17.
Selain itu, Indeks Ekspektasi Konsumen (IKE) tercatat sebesar 62,00 lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya yang berada di angka 52,00. Peningkatan IKE dipengaruhi oleh penghasilan saat ini, pembelian durable goods, dan ketersediaan lapangan kerja.

Baca Juga :  Gunakan Inquiry Learning, Hadapi Tantangan Pembelajaran 4.0
Meningkatnya perosentase tersebut, juga disebabkan oleh kegiatan ekonomi di masyarakat yang mulai membaik pasca pandemi Covid-19. “Dengan dimulainya vaksin membuat kegiatan mulai bergerak, ditandai dengan kegiatan yang dilakukan secara hybrid (online dan offline) meski tetap menerapkan protokol kesehatan” ungkap Azka.

 

Pewarta : Naviska
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait