Butuh Konsultasi Saat Isoman? 11 Link Telemedicine Ini Bisa jadi Solusinya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Butuh Konsultasi Saat Isoman? 11 Link Telemedicine Ini Bisa jadi Solusinya
ilustrasi konsultasi kepada doketr yang dilakukan secara virtual (Foto: Pixabay.com/ Satukanal.com)
BERITA Kanal Artikel Kanal Highlight

Butuh Konsultasi Saat Isoman? 11 Link Telemedicine Ini Bisa jadi Solusinya

Satukanal.com, Nasional – Bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri, tak perlu khawatir berlebihan. Pasalnya, kini ada link layanan telemedicine yang secara resmi telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Dengan adanya kerjasama tersebut, platform telemedicine akan memberikan jasa konsultasi Dokter beserta penyediaan dan pengiriman obat bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan yang sedang melakukan isolasi mandiri dirumah.

Menteri Kesehatan, Budi Sadikin melalui konferensi pers, Senin (5/7/2021) menyatakan, layanan telemedicine diberikan untuk meminimalisir resiko penularan yang mungkin terjadi. Lebih lanjut, Budi juga menjelaskan bahwa semua jasa konsultasi dan pengiriman obat tersebut tidak dikenakan biaya alias gratis.

Semua pembiayaannya bakal ditanggung oleh platform startup serta Kementerian Kesehatan. “Maka kita bekerja sama dengan 11 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi Dokter dan juga jasa pengiriman obat secara gratis. Dibantu ditanggung oleh teman-teman telemedicine, startup, dan juga Kementerian Kesehatan,” ungkapnya dilansir dari sehatnegeriku.kemkes.go.id.

Sedangkan untuk skema penggunaannya antara lain, bagi masyarakat yang dinyatakan positif oleh sistem laboratorium yang terintegrasi dengan Kementerian Kesehatan. Selanjutnya akan mendapatkan notifikasi di SMS dan WhatsApp.

Kemudian, akan ada link telemedicine serta mendapatkan kode yang harus dimasukkan di platform sebagai identifikasi sebagai kasus rujukan. Lantas, apa saja platform layanan telemedice tersebut? Berikut daftar lengkapnya:

1. Yes Dok

Platform ini menghubungkan pasien dengan dokter untuk konsultasi medis. Dokter juga akan merekomendasikan obat yang dapat dibeli sesuai dengan rujukan gejala yang dialami pasien dan memberikan petunjuk penggunaan dosis.

Baca Juga :  Kemenaker Mulai Kaji Besaran Upah Minimum di Tahun 2022

Berikut linknya : Platform Yes Dok

2. Get Well

Get Well dapat didownload di Play Store dan App Store, serta pasien bisa berkonsultasi menggunakan video, audio atau teks. Melalui aplikasi, pasien bisa berkonsultasi serta diberikan resep obat secara gratis.

Berikut linknya : Platform Get Well

3. Good Doctor

Platform dari Good Doctor Tech bisa didownload di PlayStore dan AppStore. Aplikasi ini diklaim bisa memberikan pelayanan selama 24 jam, pasien bisa berkonsultasi serta mendapatkan rekomendasi obat dengan gratis.

Berikut linknya : Platform Good Doctor

4. Halodoc

Halodoc mengklaim menjadi platform yang memiliki layanan kesehatan digital terlengkap di tanah air. Terdapat sejumlah fitur mulai dari chat dengan Dokter, membeli produk kesehatan dan bisa terhubung dengan asuransi.

Berikut linknya : Platform Halodoc

5. Klik Dokter

Klik Dokter juga menyediakan sejumlah artikel kesehatan dan info lain terkait pelayanan medis. Pasien juga dapat menggunakan fitur live chat dengan Dokter selama 24 jam dalam aplikasi ini.

Berikut linknya : Platform Klik Dokter

6. KlinikGo

Aplikasi KlinikGo menyediakan beberapa fitur misalnya layanan konsultasi dengan berbagai Dokter seperti Dokter Gigi, Dokter Jantung dan Dokter Umum. Pasien yang ingin menggunakannya sudah bisa mendownload di AppStore dan PlayStore.

Berikut linknya : Platform KlinikGo

7. LinkSehat

Aplikasi ini memberikan rekomendasi Dokter atau Rumah Sakit dan juga hitungan biaya berobat di dalam hingga luar negeri. Link Sehat menyediakan konsultasi melalui chat antara pasien dengan Dokter yang diklaim mengantongin surat izin praktek.

Baca Juga :  Pelajar Korban Covid-19 di Mojokerto Dapat Seragam Gratis, 2 Jadi Anak Asuh

Berikut linknya : Platform LinkSehat

8. Milvik Dokter

Melalui Milvik, pasien bisa melakukan konsultasi melalui telepon, untuk mengajukan pertanyaan mengenai nutrisi, kondisi medis, kesehatan mental dan penyakir kronis. Aplikasi ini juga memiliki sejumlah produk seperti layanan 24 jam dari Dokter dan asuransi rawat inap.

Berikut linknya : Platform Milvik Dokter

9. ProSehat

Aplikasi ProSehat juga bisa melakukan konsultasi Dokter selama 24 jam. Layanan lainnya adalah Rapid test, imunisasi, vaksinasi dan pembelian alat kesehatan, obat serta vitamin, yang dapat diantarkan langsung ke rumah para pemesan.

Berikut linknya : Platform ProSehat

10. SehatQ

Dengan aplikasi SehatQ, pasien bisa melakukan konsultasi bersama Dokter dan Tim medis serta bisa diberikan rujukan ke Rumah Sakit terdekat. Selain itu, aplikasi tersebut juga mempermudah para pengguna untuk mendapatkan obat atau vitamin yang dibutuhkan.

Berikut linknya : Platform SehatQ

11. AloDokter

Beroperasi sejak 2014, Alodokter memiliki mitra lebih dari 30 ribu Dokter. Platform ini memiliki informasi kesehatan yang disusun dalam bahasa Indonesia serta ditinjau oleh tim Dokter berkompeten.

Berikut linknya : Platform AloDokter

Itulah, kesebelas link telemedicine yang bisa diakses ketika butuh konsultasi saat menjalankan isolasi mandiri. Jangan lupa untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan juga menerapkan 5M yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait