Bus AKDP Dilarang Beroperasi Mulai 6 Mei - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bus AKDP Dilarang Beroperasi Mulai 6 Mei
HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Bus AKDP Dilarang Beroperasi Mulai 6 Mei

Satukanal.com, Nasional– Semua bus antarkota dalam provinsi (AKDP) dilarang beroperasi seiring adanya kebijakan larangan mudik lebaran di periode tanggal 6-17 Mei 2021.

Larangan tersebut sudah resmi dikelaurkan oleh Dishub Jatim melalui edaran yang disampaikan kepada seluruh perusahaan otobus. Intinya, bus antarkota di Jatim dilarang beroperasi.

Selain melarang beroperasi, semua perusahaan transportasi itu diminta menjaga Prokes, menjaga sarana prasarana transpotasi, dan memastikan semua kru dan karyawan sehat di tengah pandemi.

Apabila ketahuan mengoperasikaan armadanya, sanksi tegas akan diberikan pada pihak perusahaan. Bahkan, mulai 18-24 Mei 2021 juga akan dilakukan pengetatan perjalanan darat dengan transportasi umum darat.

Baca Juga :  Larangan Mudik Lebaran 2021, Layanan KA Dan Transportasi Laut Dibatasi

Meski demikian, Dishub Jatim tetap mengijinkan operasional bus di dalam kota. Dalam surat Dishub itu, Kepala Dinas Perhubungan Jatim, Nyono menyebut khusus untuk bus dalam kota atau kawasan perkotaan Surabaya dan sekitarnya masih boleh beroperasi. Yakni Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Bangkalan, Mojokerto, dan Lamongan (Gerbang Kertosusila).

Anjuran untuk tidak melakukan mudik juga terus digaungkan oleh pemerintah. Seperti halnya dengan Plt Kasi Pengelolaan Terminal Surabya, Agung Karyadi yang menghimbau masyarakat tidak mudik, apalagi tidak ada bus antarkota nantinya..

Baca Juga :  Gempar Kasus Swab Tes Bekas Kualanamu, Terapkan Cara Ini Untuk Menghindarinya!

Dari hasil pantauan tim satukanal, pergerakan penumpang saat ini di terminal Purabaya relatif normal. Tidak ada pergerakan jumlah signifikan. Akan tetapi, adapeningkatan yangterjadi pada weekend kemarin.

Lebih lanjut, Agung menegaskan bahwa pada 6-17 Mei 2021, Terminal Purabya tetap tidak menutup layanan. Maka dari itu, setap calon penumpang di Purabaya juga diwajibkan untuk bermasker, cuci tangan serta menjaga jarak agar tidak berkerumun.

 

 

Pewarta : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait