Bupati Malang Gelar Kunjungan Kerja Tinjau Jembatan Ambrol dan Tiga Rest Area Poncokusumo | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bupati Malang Gelar Kunjungan Kerja Tinjau Jembatan Ambrol dan Tiga Rest Area Poncokusumo
BERITA HIGHLIGHT KABUPATEN MALANG STRAIGHT NEWS

Bupati Malang Gelar Kunjungan Kerja Tinjau Jembatan Ambrol dan Tiga Rest Area Poncokusumo

SATUKANAL.com, MALANG –  Pasa Sabtu pagi (02/01/2021) Drs. H. M. Sanusi selaku Bupati Malang, melakukan kunjungan kerja yang ada di wilayah Kecamatan Jabung dan Poncokusumo.

Kunjungan tersebut dilakukan guna meninjau kondisi jembatan Jabung peningalan Belanda yang berada di ruas jalan utama Desa Jabung karena ambrol terkikis air.

Pada kunjungannya tersebut, turut dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, M.M serta sejumlah Kepala Organisasi Kepala Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten.

Kegiatan kunjungan tersebut juga dilakukan guna memantau kondisi perkembangan dari rest area Jemplang, Gubuglakah dan Wringin Anom sebagai penunjang kepariwisataan di tiga desa yang berada di wilayah Kecamatan Poncokusumo.

Bupati Malang melakukan peninjauan secara langsung pada titik lokasi jembatan Jabung. Badan jembatan Jabung yang mulai ambrol karena terkikis air, sehingga keberadaan dari jembatan ini sudah tidak digunakan kendaraan bermotor untuk melintas.

Keberadaan jembatan Jabung yang ada sejak tahun 1939 dibangun pada masa kolonial Belanda. Masyarakat sekitar kini hanya mengandalkan jembatan baru yang berada persis di samping jembatan jabung.

Baca Juga :  PPKM Kabupaten Malang, Wali Santri Pondok Pesantren Dilarang Berkunjung

Bupati Sanusi menjelaskan bahwa ”Jembatan yang rusak ini bakal dibongkar sekalian dan tebingnya akan diplengseng. Selain itu, badan sungai juga ditertibkan diantaranya tanaman kayu yang ada di tumbuh badan sungai.” Ujarnya.

Pembongkaran tersebut dilakukan dengan membersihkan badan sungai dari tanaman kayu, hal tersebut bertujuan agar arus air tidak lagi merusak bagian pojok plengsengan dari jembatan.

“Kalau rusak tidak mungkin dibiarkan terus tentu akan diperbaiki dan akan menggunakan APBD Tahun 2021. Rencananya, pembangunan akan dimulai Maret nanti,” Ungkap Sanusi.

Pemerintah Kabupaten Malang juga tengah berupaya untuk melakukan beberapa perbaikan dan pembangunan jembatan di wilayah Kabupaten Malang.

Beberapa jembatan tersebut salah satunya adalah, Jembatan Jurang Klampok berlokasi di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, yang pada akhir April akan mulai diresmikan.

Baca Juga :  Simak ! Ini Sanksi Bagi Pelanggar PPKM Di Kota Malang, Batu dan Surabaya

Setelah meninjau kondisi jembatan, Bupati dan rombongan melanjutkan kunjungan ke wilayah Poncokusumo dengan diawali rest area Jemplang, rest area Gubuglakah dan rest area Wringinanom.

Pada kunjungannya tersebut, Bupati Sanusi menyampaikan bahwa jalan menuju lokasi wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dari pintu Poncokusumo memiliki kondisi jalan yang bagus dan mulus.

Bupati Sanusi menyampaikan ”Peninjauan ke rest area di Jemplang, dan rest area Gubunglakah, rest area Wringinanom adalah untuk memastikan bahwa setelah memasuki musim hujan, jalan menuju ke Bromo dan Semeru tidak ada hambatan dan masalah.” Ujarnya.

Upaya ini dilakukan guna mempermudah perjalanan bagi pengunjung yang akan berwisata ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pemkab Malang juga akan menertibkan truk roda enam untuk tidak ikut masuk agar struktur dan kondisi jalanan tetap terjaga.

 

 

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait