Bupati Lumajang : Kita Sedang Tuntaskan Masalah dan Maju Bersama Potensi Yang Ada | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BERITA STRAIGHT NEWS

Bupati Lumajang : Kita Sedang Tuntaskan Masalah dan Maju Bersama Potensi Yang Ada

Ketika bertemu dengan sejumlah praktisi disain grafis, pada Sabtu (3/1) sore kemarin, Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq menyampaikan sejumlah persoalan dan potensi yang ada di Lumajang. Berbeda dengan hari biasanya, Bupati Lumajang bicara panjang soal potensi yang ada di Lumajang dan sejumlah persoalan yang dihadapi.

“Surabaya dan Banyuwangi yang lebih dulu maju, bukan tiba-tiba seperti sekarang ini. Ada proses panjang yang harus dilalui. Sama dengan Lumajang, ada sejumlah persoalan yang satu persatu harus saya urai dan menyelesaikannya secara bertahap. Dalam posisi itu kita sekarang ini,” kata Bupati Lumajang membuka perbincangan semi formal di sisi gazebo sisi barat Pendopo Arya Wiraraja Lumajang.

Dijelaskan, ASN di Lumajang saat ini memang harus berada pada sebuah pengalaman baru dalam melayani masyarakat. Bekerja keras untuk menyelesaikan masalah, bahkan hampir tidak mengenal waktu, karena Lumajang membuka kran pengaduan publik yang bisa dibaca semua orang.

“Dulu pengaduan itu saya terima lewat pesan WhatsApp ke HP saya. Tiap hari ada pengaduan. Kemudian saya sampaikan kepada OPD terkait, terus begitu tiap hari. Bahkan listrik mati saja lapor ke saya. Akhirnya saya buat sebuah akun Lapor Lumajang, dengan begitu laporan-laporan itu menjadi laporan terbuka, dan bukan hanya saya yang tahu. Masyarakat juga baca dan OPD juga baca. Sekarang sudah mulai ada hasilnya, ada banyak persoalan yang bisa direspon lebih cepat,” kata Bupati Lumajang kemudian.

Apakah jika sudah terbuka seperti ini akan lebih baik ?. Secara umum Bupati Lumajang mengakui, dengan laporan secara terbuka melalui media sosial memang lebih baik.

“Tapi pernah juga ada warga yang melaporkan lampu jalan mati. Begitu petugas datang, ternyata lampunya sudah menyala. Yang begini ini, ASN Lumajang sudah harus terbiasa. Inilah posisi kita sekarang, yaitu sedang memberikan respon cepat kepada semua persoalan dan ini akan terus kita benahi,” paparnya kemudian.

Bupati kemudian menyampaikan sejumlah persoalan lainnya, termasuk didalmnya soal kemacetan di Ranuyoso. Sebenarnya ingin diselesaikan secepatnya, namun ini soal kewenangan yang memang harus sesuai dengan aturan.

“Ketika ada kemacetan di Ranuyoso, saya juga ingin menyelesaikan, tapi secara kewenangan itu bukan wilayah kewenangan Kabupaten Lumajang. Maka APBD Lumajang tidak bisa mencover itu. Tapi bukan berarti tidak kita selesaikan, kita berkoordinasi dengan pemerintah propinsi. Disinilah proses itu menjadi penting. Dan pada sebagian persoalan sekarang dalam proses untuk dituntaskan,” urainya kemudian.

Kanal Terkait