Bupati Kediri Resmikan Empat Revitalisasi Pasar Rakyat di Kabupaten Kediri - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Revitalisasi Pasar
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Bupati Kediri Resmikan Empat Revitalisasi Pasar Rakyat di Kabupaten Kediri

SATUKANAL.com, KEDIRI – Bupati Kediri, dr. Hj. Haryanti Sutrisno, melakukan kegiatan peresmian pembangunan revitalisasi empat pasar rakyat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri, di Pasar Gringging, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri, Rabu (20/01).

Kegiatan peresmian ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda), Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan, Titik Purwaningsih, Plt Dinas Kesehatan, Bambang Triono Putro, Forkopimda, Pengelola dan Pedagang Pasar.

Revitalisasi yang baru saja dibangun, masing-masing terletak di Pasar Gringging, Pasar Bendo, Pasar Kras, dan Pasar Tiron. “Dapat dilihat perubahan bentuk pasar dahulu dengan yang sekarang. Mulai dari ventilasi dan zonasi pedagang. Nanti akan dilakukan undian nomor untuk tata letak para pedagang agar teratur,” ungkap Haryanti Sutrisno, Rabu (20/01).

Baca Juga :  Ditemukan Luka Tusuk, Perempuan Bercak darah di Hotel Kediri

Dirinya juga mengungkapkan tidak akan memakai prototipe bangunan yang berbentuk pasar berlantai dua, dari Kementerian Perdagangan. Sebab dari pengalaman, para pedagang masih enggan untuk menempati bagian lantai atas. Dampaknya para pedagang meluber dipinggir lokasi pasar.

Menurutnya bentuk bangunan harus menyesuaikan karakter pedagang yang ada di pasar tradisional, dengan ciri khasnya tawar-menawar. Dirinya juga menegaskan untuk melarang memperjualbelikan lapak atau lokasi dari para pedagang.

“Yang terpenting ialah tidak boleh menjual dan menyewakan lapak. Apalagi lapak lebih dari satu. Ini untuk masyarakat semua, jangan dimonopoli. Tidak ada titip-titipan. Jadi prioritas pedagang awal yang masuk duluan,” tegasnya.

Baca Juga :  Peringatan Hari Perempuan Internasional, Terhalang Operasi Yustisi di Kediri

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan, Titik Purwaningsih, mengatakan untuk pasar Tiron dan Bendo telah selesai dibangun sejak tahun 2019. Namun peresmian ditunda terkendala pandemi Covid-19, baru dapat dilaksanakan sekarang.

Pemkab Kediri di tahun 2020, melalui Dinas Perdagangan melanjutkan revitalisasi dua pasar kembali, yakni pasar Geringging dan Pasar Kras. “Alhamdulillah pada hari ini, Rabu (20/01/2021) keempat pasar sudah diresmikan oleh Ibu Bupati,”   pungkas Titik.

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait