Bupati Jombang Imbau Perangkat Desa Optimalkan Potensi Desa, untuk Tunjang SDM - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bupati Jombang saat menyampaikan amanatnya saat pelantikan PPDI.
BERITA Kanal Straight

Bupati Jombang Imbau Perangkat Desa Optimalkan Potensi Desa, untuk Tunjang SDM

Satukanal.com, Jombang – Bupati Jombang, Mundjidah Wahab, berharap perangkat desa dapat mengoptimalkan potensi desa dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Tentunya optimalisasi potensi desa dapat dai sinkronkan dengan program pemerintah.

“Mari kita satukan tekad menjadi garda terdepan dalam pembangunan desa. Perangkat desa harus memahami tugasnya, karena perangkat desa adalah pemberi pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya saat Pelantikan dan Pengukuhan Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) di Pendopo Kecamatan Peterongan pada Selasa (11/1/2022).

ia melanjutkan, perangkat desa harus punya inovasi, sehingga desa bisa tumbuh dan berkembang. Kemudian bisa mendorong peningkatan perekonomian dan kesejahteraan di desa.

Bupati juga mengatakan, bahwa dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, perangkat desa bertanggung jawab kepada Kepala Desa.

“Maka dalam menjalankan roda pemerintahan harus selalu koordinasi dan membantu tugas Kepala Desa dalam upaya membangun desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Baca Juga :  Dosen ITN Malang Sebut 'Memalioborokan' Kayutangan Mengaburkan Sejarah Malang

Terkait dengan pelayanan, perangkat desa harus responsif terhadap permasalahan warganya. Untuk itu perangkat desa harus bisa mengambil peran, inisiatif, kreatif, inovatif untuk menyelesaikan permasalahan dimasyarakat.

Lebih lanjut, Keberadaan PPDI dapat menunjang peningkatan kinerja pemerintahan desa. Kalau kinerja perangkat desa bagus, akan berdampak positif bagi masyarakat dan akan berdampak pada kesejahteraan dan kemajuan desa.

“Seluruh Kepala Desa dan perangkat desanya, agar bersatu padu dan bekerja sama melayani masyarakat dengan baik, agar dapat menjadikan desa yang lebih mandiri dan berdaya saing,” ujarnya.

Kemudian, penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di desa ditujukan untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui penetapan kebijakan, program dan kegiatan sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat.

“Saya menghimbau pengurus terpilih, agar memahami peraturan undang-undang yang terkait dengan perangkat desa, diantaranya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa,” tukasnya.

Baca Juga :  Hujan Disertai Angin Kencang Tumbangkan Pohon Hingga Timpa Rumah Warga di Blitar

Lebih detail tertuang dalam PP 11 Tahun 2019 tentang petunjuk pelaksanaan Undang-Undang Nomor 6, Kemendagri Nomor 84 Tentang SOTK Pemerintahan Desa, Kemendagri Nomor 67 Tahun 2017, dan Kemendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa.

“Karena memahami aturan merupakan salah satu jalan untuk membatasi diri dari hal-hal yang tidak diinginkan, agar tidak bermasalah dengan hukum,” tuturnya.

Bupati Jombang juga berpesan agar Perangkat Desa di Jombang tidak berseberangan dengan kebijakan pemerintah dalam hal kepegawaian dan pekerjaan. Apapun kebijakan, visi dan misi pemerintah Kabupaten Jombang, harus kita dukung 100 persen.

“Untuk itu PPDI diharapkan untuk terus meningkatkan kapasitas SDM, dengan memberikan pelatihan,” pungkasnya.

 

 

Pewarta: Anggit Puji 

Editor: Ubaidhillah


  • Bupati saat menyampaikan pesan didepan tamu yang hadir.
    Foto by Anggit.

Kanal Terkait