Buntut Aksi Bentangkan Poster Saat Kunjungan Jokowi, Peternak Blitar Terima 20 Ton Jagung - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Buntut Aksi Bentangkan Poster Saat Kunjungan Jokowi, Peternak Blitar Terima 20 Ton Jagung
BERITA Kanal Straight

Buntut Aksi Bentangkan Poster Saat Kunjungan Jokowi, Peternak Blitar Terima 20 Ton Jagung

Satukanal.com, Blitar – Pada 9 September 2021 lalu, seorang peternak ayam di Blitar, Jawa Timur, membentangkan poster saat Jokowi kunjungan ke daerah tersebut.

Poster tersebut bertuliskan aksi protes harga pakan jagung untuk ternak yang mengalami kenaikan. “Pak Jokowi Tolong Bantu Peternak Beli Jagung dengan Harga Wajar. Telur Murah” tulis peternak.

Diketahui, warga Blitar tersebut bernama Suroto. Buntut aksi yang dilakukannya, Suroto sempat ditahan polisi, sebelum akhirnya dilepas. Sementara, pada 15 September 2021, Presiden Joko Widodo mengundang Suroto ke Istana, bersama perkumpulan peternak lainnya.

Pada saat pertemuan Jokowi bersama para peternak, Jokowi memerintahkan agar harga pakan jagung bagi peternak bisa turun jadi Rp 4.500, yang sebelumnya naik sampai Rp 6.000 per kilogram. Perintah diberikan kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi.

Baca Juga :  Ratusan Hewan Peliharaan di Blitar Ikuti Vaksinasi Rabies

Sementara pada Senin (20/9/2021), mengetahui persoalan tersebut, Jokowi telah bertindak cepat dengan memerintahkan staf pribadinya mengirimkan pemberian jagung untuk Suroto. Dua truk jagung kiriman dari Jokowi itu tiba di gudang pakan milik Suroto di Desa Suruhwadang, Kecamatan Kademangan, Senin pagi sekitar pukul 09.15 WIB.

Mengetahui hal tersebut, Suroto menyampaikan rasa terima kasih kepada Jokowi bantuan jagung tersebut. “Terima kasih perhatian dan apresiasi Bapak Presiden yang begitu cepat ya. Bapak presiden langsung mengutus sekretaris kepresidenan, untuk memastikan jagung untuk saya,” terangnya melansir dari laman kompas.com.

Satu jam sebelum kedatangan dua truk jagung pemberian Jokowi, satu truk tronton juga tiba di gudang pakan milik Suroto. Dirinya sempat menduga truk tronton tersebut membawa jagung kiriman dari Jokowi untuk dirinya.

Baca Juga :  Uji Coba New Normal, Penumpang Kereta Api di Stasiun Blitar Mulai Meningkat

Namun ternyata, 30 ton jagung itu kiriman dari Kementerian Pertanian yang hendak dijual ke para peternak di Blitar dengan harga Rp 4.500. “Kami sangat mengapresiasi Pak Jokowi juga begitu cepat menginstruksikan menterinya untuk mengirimkan jagung bagi peternak ayam di Blitar,” ujar Suroto.

Menurutnya, Jagung yang diberikan Jokowi kepadannya memiliki tingkat kekeringan yang bagus. Salah satu staf Jokowi, Tommy Agustinoval mengatakan jagung itu dibeli dari Jawa Tengah dan langsung dibawa ke Blitar. “Tingkat kekeringan jagung bagus, Terima kasih atas perhatian Bapak Presiden” ungkapnya.

 

 

Pewarta : Viska
Editor : Adinda

Kanal Terkait