Bumi Bergoyang, Kepala Bu Karti Warga Blitar Luka Parah Tertimpa Genteng - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bumi Bergoyang, Kepala Bu Karti Warga Blitar Luka Parah Tertimpa Genteng
Ny Karti ketika dikunjungi Forkopimda Kabupaten Blitar/foto: Humas Polsek Wonotirto
Kanal Highlight Kanal Straight

Bumi Bergoyang, Kepala Bu Karti Warga Blitar Luka Parah Tertimpa Genteng

Satukanal.com, Blitar – Ny Karti terbaring lemas di kamar perawatan Klinik Tirta Husada, Wonotirto, Kabupaten Blitar, karena tertimpa genteng dan luka parah. Wanita 55 tahun ini menjadi salah satu korban gempa yang terjadi pada Jumat (21/05/2021) pukul 19.09 WIB.

Kapolres Blitar AKBP Leonardo M. Sinambela bersama Forpimda Kabupaten Blitar, mengunjungi Ny Karti pada Sabtu (22/5/2021) siang. Menurut keterangan petugas medis, Ny Karti mengalami luka yang cukup pada bagian kepala.

“Bu Karti mengalami luka bagian kepala. Ada luka robek di dahi sebelah kanan sepanjang 7×2 cm sedalam tulang. Namun pendarahan terus terjadi. Saat ini, kondisi pasien sudah sadar dan membaik dan untuk saat ini pasien masih diobservasi,” kata Samsul Hadi, petugas medis Klinik Tirta Husada.

Adapun kronologi kejadian yang dilansir Humas Polsek Wonotirto, sebelum terjadi gempa, korban sedang mengobrol dengan keluarga di dalam rumah Dusun Kalikuning, Desa Gununggede, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Tiba-tiba bumi bergoyang. Semua berlarian keluar.

Baca Juga :  Tarik Sumbangan saat Masa Pandemi, Sekolah Negeri di Banyuwangi Jadi Sorotan

“Karena usianya sudah tua, korban paling belakang sehingga kejatuhan genteng rumah. Mengetahui terdapat luka di kepala dan mengeluarkan darah keluarganya langsung membawa ke klinik dan luka yang ada di kepala hanya dibalut dengan handuk,” kata AKP Subondo, Kapolsek Wonotirto  yang mendampingi Kapolres AKBP Leonardo M. Sinambela.

salah satu rumah yang ambruk karena gempa pada Jumat, 21 Mei 2021 malam/foto: LPBI NU Blitar
Gempa bumi yang berpusat di 57 Km tenggara Kabupaten Blitar 8,63 LS – 112,34 BT dengan kekuatan 6,2 skala richter (SR) yang magnitudonya dimutakhirkan 5,9 pada kedalaman 110 Km.
Gempa membuat ratusan rumah warga serta fasilitas umum di Jawa Timur rusak.  Dilansir dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kerusakan bangunan terjadi di 7 daerah.
“Data hingga Sabtu ini dampak gempa, ada kerusakan rumah atau fasilitas di 7 daerah,” ujar Yanuar Rachmadi, Plt Kepala BPBD Jatim seperti dilansir cnnindonesia.com, Sabtu (22/5/2021).
Menurut Yanuar, Kabupaten Blitar merupakan daerah paling terdampak dengan kerusakan yang menimpa 101 rumah dan 10 fasilitas umum.
“Sejauh ini, belum ditemukan korban meninggal dunia. Namun, ada satu warga yang mengalami luka berat,” ucapnya.

Kemudian di Lumajang, ada 19 unit rumah rusak. Di Kota Malang ada 1 unit rumah rusak. Lalu di Kabupaten Pasuruan ada 1 unit rumah dan satu fasilitas umum rusak.

“Di Kota Blitar, ada 3 rumah yang mengalami kerusakan. Sementara di Jember ada 1 fasilitas umum rusak,” katan Yanuar.

Hingga saat ini, BPBD terus melakukan penanganan pascagempa di wilayah Jawa Timur. Pihaknya memantau dan menggali informasi terkait perkembangan dampak gempa. (*)

 

 

 

Sumber : Humas Polsek Wonotirto dan cnnindonesia.com
Penulis : Danu Sukendro

Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait