Bulog Cabang Kediri Optimalkan Serapan Gabah Beras di Panen Raya 2021 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bulog Cabang Kediri Optimalkan Serapan Gabah Beras di Panen Raya 2021
Kanal Straight

Bulog Cabang Kediri Optimalkan Serapan Gabah Beras di Panen Raya 2021

SATUKANAL.com, KEDIRI – Perum Bulog Kantor Cabang Kediri siap mengoptimalkan penyerapan gabah dan beras petani pada masa panen raya Maret tahun ini, guna meningkatkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP).

Dari stok beras yang dikuasai Perum Bulog Kantor Cabang Kediri saat ini sebesar 10.354.000 kilogram. Saat ini sudah menyerap gabah kurang lebih sebesar 150 Ton, dan beras 600 Ton, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir akan kekurangan stok beras.

“Kami (BULOG) masih terus melakukan serapan gabah beras. Dan stok ini akan cukup sampai dengan bulan Agustus kedepan,” kata Kepala Bulog Subdivre Kediri Mara Kamin Siregar, kepada satukanal.com, Senin (22/3/2021).

Dia juga mengungkapkan, Perum Bulog Kantor Cabang Kediri juga siap membuka penyerapan gabah beras di sejumlah 4 titik lokasi gudang bagi para petani. Lokasi gudang berada di wilayah Nganjuk, Gudang Candirejo dan Kedondong dan wilayah Kediri, Gudang Paron dan Banyakan.

Baca Juga :  Menunggu Pelatih Baru, Pemain Persik: Semoga Masuk Papan Atas Klasemen

Sesuai ketentuan Permendag No 24 Tahun 2020, disebutkan Harga pembelian pemerintah (HPP), untuk gabah kering panen (GKP) di tingkat petani ditetapkan Rp 4.200 per kilogram dan di tingkat penggilingan Rp 4.250 per kilogram.

Sedangkan untuk gabah kering giling (GKG) di tingkat penggilingan Rp 5.250 per kilogram dan di gudang BULOG Rp 5.300 per kilogram, sedangkan beras di gudang BULOG Rp 8.300 per kg. “Untuk kualitas GKP ditentukan kadar air maksimal 25% dan hampa kotoran sebesar maksimal 10%. Sedangkan untuk kualitas GKG ditentukan kadar air maksimal 14% dan hampa kotoran sebesar maksimal 3%. Untuk kualitas beras medium ditentukan kadar air maksimal 14%, derajat sosoh minimal 95%, butir patah maksimal 20% dan menir maksimal 2%,” tuturnya dalam rilis.

Baca Juga :  Densus 88 Geledah Rumah Terduga Teroris Kediri, Ditemukan Senjata Laras Panjang

Dia juga menjelaskan masih perlunya edukasi para petani untuk memahami peraturan Permendag No 24 Tahun 2020. Hampir setiap hari di 4 lokasi gudang Perum Bulog Kantor Cabang Kediri, melakukan penolakan sebanyak 30, hingga 30 Ton gabah beras petani.

“Memang ada gabah beras yang masuk tidak sesuai ketentuan. Contohnya gabahnya masih ada gabah hijau, ada juga terendam dengan air, itu yang kami lakukan penolakan,” ucapnya.

Pengadaan gabah dan beras dilaksanakan melalui mitra, penggilingan, Gapoktan di wilayah kerja Kancab Kediri ataupun melakukan pembelian melalui satker yang terjun langsung ke lapangan dalam melakukan serapan. “Solusi, kita sarankan kepada mitra kerja nanti untuk diperbaiki prosesnya kembali. Supaya harganya bisa lebih tingi dari sebelumnya,” tutupnya.

 

 

 

Pewarta: Anis Firmansah
Editor: Redaksi Satukanal

    Kanal Terkait