Bulan Ramadan, Harga Selada Naik Seratus Persen Lebih - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bulan Ramadan, Harga Selada Naik Seratus Persen Lebih
BERITA HIGHLIGHT

Bulan Ramadan, Harga Selada Naik Seratus Persen Lebih

SATUKANAL.com, MALANG – Bulan Suci Ramadan telah tiba. Waktu yang ditunggu semua umat muslim ini tak hanya berdampak pada sisi religi saja. Namun, ia juga mempengaruhi harga bahan pokok maupun komuditas lain di pasaran.

Seperti selada, harganya meningkat jauh dibandingkan beberapa minggu lalu. Bahkan bisa mencapai lebih dari seratus persen. Tapi, seiring kebutuhan yang meningkat, permintaannya tetap stabil.

Sekarang sayur dengan berbagai macam olahan ini dihargai Rp 10 ribu setiap satu kilogramnya. Sangat jauh dibandingkan harga sebelumnya yang berkisar di Rp 4 ribu per kilonya. Kenaikan tersebut wajar terjadi di Bulan Ramadan.

Baca Juga :  Sepi Gelaran, Penjualan Mawar Kusam

“Biasanya harga semua juga naik kalau lagi puasa. Tapi tak terpengaruh pada banyaknya permintaan,” kata salah satu pedagang sayur di Pasar Besar Malang, Sisworo hari ini (23/4). Naiknya harga menyebabkan para petani bisa tersenyum lepas.

Alasannya, biaya perawatan ekstra yang harus diberikan di cuaca ekstrem ini bisa tertutup. Adanya hujan yang hampir setiap hari datang, membuat para petani harus memutar otak. Kadar air tinggi menyebabkan bibit tanaman menjadi lebih rawan. “Kalau terlalu banyak nyerap air jadi gampang busuk. Tanaman seperti ini memang lebih bagus kalau kemarau,” terangnya.

Baca Juga :  Anggaran Rp 470 miliar, Kereta Gantung di Batu & LRT di Kota Malang Siap Dibagun

Pembuatan gorong-gorong dan penyemprotan rutin menjadi jalan keluar selama ini. Tempat keluar atau pembuangan air selalu dipastikan lancar, jika tidak ingin menimbulkan genangan disekitaran lahan. “Semoga adanya kenaikan ini bisa menyejahterakan petani yang ada. Yang penting bisa lebaran bareng keluarga,” harapnya.

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait