Bulan Ramadan, Harga Bawang Putih Melonjak - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bulan Ramadan, Harga Bawang Putih Melonjak
BERITA Kanal Highlight

Bulan Ramadan, Harga Bawang Putih Melonjak

Satukanal.com, Malang – Memasuki Bulan Suci umat islam, harga berbagai kebutuhan pokok ikut meroket. Tingginya permintaan pasar selaras kebutuhan masyarakat yang juga tinggi menjadi alasannya. Bawang putih contohnya, harganya melonjak barangkali hingga 30 persen.

“Ya seperti biasa kalau bulan puasa memang naik harganya. Permintaankan juga naik,” terang Sugiyo, salah seorang pedagang bawang putih di Pasar Turen, Kabupaten Malang hari ini (16/4).

Jika beberapa minggu lalu hasil bumi berjenis umbi-umbian ini dihargai Rp 18 ribu per kilogramnya. Kini, harganya bisa menyentuh Rp 25 sampai 30 ribu. Perbedaan tersebut dibedakan dari ukuran dan kualitas bawang. Semakin besar dan bagus kualitasnya, harganya juga akan semakin mahal. Dalam sehari, ia bisa menjual hingga seratus kilogram bawang putih.

Baca Juga :  Pengelola Sebut Wisata Taman Kelinci Semakin Berat, Imbas PPKM Darurat

“Paling sepi ya 50 kilogram-an. Tapi di bulan ramadan seperti ini biasanya lagi bagus-bagusnya,” imbuh dia.

Permintaan masyarakat sekarang menurutnya lebih mengarah kekualitas bawang. Bawang putih besar lebih dipilih meski harganya relatif lebih mahal. Alasannya karena pengolahannya yang lebih mudah dan cepat. Masyarakat lebih memilih bahan yang bisa dikerjakan effisien. Agar bisa segera berpindah kekesibukan lainnya.

“Ibu rumah tanggakan pekerjaannya banyak, kalau bawang ukuran kecil waktu yang dihabiskan untuk membersihkan saja lama. Mereka memilih yang besar karena lebih cepat diolah, masyarakat kita sekarang memang hobi yang instan,” ungkapnya sambil tertawa.

Baca Juga :  Potret Pembelajaran Awal Semester di Tengah PPKM Darurat

Ia berharap di bulan penuh berkah ini, bisa menjadi momen kebangkitan ekonomi yang telah lama terlelap. Kembali kesejahtraan tentu menjadi harapan hampir seluruh masyarakat.

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait