Bukannya Bangga, 5 Ilmuwan Ini Justru Menyesali Penemuannya - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bukannya Bangga, 5 Ilmuwan Ini Justru Menyesali Penemuannya
STRAIGHT NEWS

Bukannya Bangga, 5 Ilmuwan Ini Justru Menyesali Penemuannya

SATUKANAL.com, NASIONAL- Berbicara mengenai ilmuwan, tentu banyak yang menganggap bahwa mereka adalah sosok hebat yang ada dibalik sebuah penemuan. Biasanya temuan para ilmuwan akan sangat berpengaruh pada kehidupan manusia. Para ilmuwan juga sering kali dianggap sebagai orang yang yang telah berjasa di dunia.

Namun sayangnya, beberapa ilmuwan ada yang menyesal lantaran hasil temuannya malah menghasilkan dampak buruk bagi umat manusia. Bahkan, ada penemu yang membenci penemuan mereka sendiri. Berikut lima penemu yang membenci hasil temuannya sendiri:

1. Mikhail Kalashnikov

Orang pertama yang termasuk dalam daftar penemu yang membenci penemuannya adalah Mikhail Kalashnikov. Mikail adalah pencipta sebuah senjata legendaris yaitu AK-47 yang memiliki daamage besar, namun harganya yang terbilang murah.

Akan tetapi, hasil temuan Mikhail ini menjadi sebuah penyesalan karena  digunakan untuk peperangan selama Perang Dunia II. Bahkan, dirinyya juga cukup lama hidup sebelum meninggal tahun 2014 yang lalu untuk menyaksikan bagaimana hasil penemuannya disalahgunakan untuk peperangan yang terjadi hingga saat ini.

Apalgi senjata ini juga kerap diidentikkan dengan para teroris yang menggunakan senjata murah ini. Tak heran jika dirinya menajdi salah satu penemu yang membenci penemuannya sendiri.

Baca Juga :  4 Tips Olahraga Agar Tubuh Tetap Bugar Saat Puasa

2. Ethan Zuckerman

Ethan Zuckerman adalah penemu sistem iklan otmatis yang ada hingga saat ini. Saat ini, Zuckerman menjabat sebagai salah satu Kepala di Institur Teknologi Massachusetts. Ia pernah mengirimkan sebuah esai kepada surat kabar The Atlantic dan mengaku bertanggug jwab atas ekkesalan orang terhadap iklan otomatis ciptaannya.

Hinga kini, dirinya menjadi salah satu penemu yang menyesal karena membuat kesal orang lain saat menggunakan internet. Karena adanya iklan yang tiba-tiba muncul saat sedang berselancar di dunia maya.

3. J. Robert Oppenheimer

Ketika Perang Dunia II berkecamuk, J. Robert Oppenheimer sedang bekerja sebagai direktur utama laboratorium Los Almos di Amerika Serikat. Ia juga menyetujui proyek pembuatan bom atom yang akhirnya menewaskan ribuan orang di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945.

Oppenheimer sendiri tidak pernah menyesal telah menciptakan bom, karena tujuan mereka saat itu adalah untuk menghentikan perang dan membuat dunia jadi tempat yang lebih baik untuk hidup. Tapi, hal yang membuat Oppenheimer kecewa adalah cara pasukan sekutu menggunakannya. Oppenheimer tidak pernah menyangka senjata yang awalnya bertujuan untuk menciptakan kedamaian, justru menghabisi jutaan nyawa tak berdosa.

Baca Juga :  Buka Pendidikan Sespimti dan Sespimen, Kapolri Minta Jangan Ada Klaster Baru Covid-19

4. Wright Bersaudara

Wright bersaudara juga memiliki tujuan mulia saat mereka menemukan pesawat terbang pertama pada tahun 1903. Saat itu, Orville dan Wilbur Wright membuat pesawat karena mereka ingin mengakhiri perang yang berkecamuk.

Begitu pun, saat mereka setuju untuk bekerja sama dengan militer Amerika, Wright bersaudara beranggapan, jika pesawatnya hanya digunakan untuk observasi. Pada kenyataannya, militer Amerika Serikat bukan hanya menggunakannya untuk observasi, tapi juga untuk mengangkut tentara, bahkan menjatuhkan bom yang menewaskan banyak orang.

5. Alfred Nobel

Afred Nobel adalah sebuah insinyur yang akhirnya berhasil menemukan sebuah cara untuk meledakkan batu besar secara efisien, yang menggunakan bahan nitrogliserin dan silika untuk menciptakan sebuah benda bernama dinamit.

Meski demikian, ia menyesal telah menemuka dinamit. Sebelum meninggal, Nobel pun berkomitmen untuk menyumbangkan royaltinya dalam bentuk sumbangan dan hadiah bagi orang yang membawa pengaruh baik untuk dunia, sehingga dikenal dengan Penghargaan Nobel hingga saat ini.

 

 

Pewarta: Adinda
Editor: Redaksi Satukanal

 

Kanal Terkait