Bubur California Tanggulangi Hama Jeruk - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bubur California Tanggulangi Hama Jeruk
HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Bubur California Tanggulangi Hama Jeruk

SATUKANAL.com, BATU– Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropis (Balijestro) menemukan jalan keluar untuk hama pohon jeruk. Ialah bubuk california. Bubuk tersebut terbuat dari campuran belerang, kapur dan air. Dengan perbandingan 2 untuk belerang, 1 untuk kapur dan 10 untuk air.

“Dia berfungsi sebagai penangkal hama penyakit. Di adonannya juga dicampurkan bakterisida,” jelas Kepala Balijestro, Harwanto hari ini (20/4). Setelah itu, ramuan akan direbus dan diaduk hingga menjadi bubuk. Dengan bubuk itu, dinilai bisa menjadi jawaban dari banyaknya hama yang menyerang tanaman pada musim hujan.

Baca Juga :  Pameran Seni Rupa di DPRD Kota Malang Berakhir

Cara pemakaiannya pun mudah, bubuk tinggal dioleskan ke batang inti pohon jeruk. Tanpa ada perawatan lebih lanjut. Jika bubuk mulai luntur, tinggal menambahkannya lagi.

Dampak dari penggunaannya adalah pertumbuhan tanaman jadi tidak terganggu. Imbasnya pertumbuhan tunas membaik. Hasil dari bunga maupun buah akan semakin banyak. “Ini adalah terobosan untuk menanggulangi hama. Sangat baik jika digunakan oleh para petani,” imbuhnya.

Untuk penyebarannya, bubuk ini masih disebarkan ke beberapa petani Batu. Diharapkan kedepannya, banyak juga petani yang menggunakan bubuk ini sebagai penuntas hama. “Karena tanaman sehat, maka produksi juga bagus. Semoga bisa segera tersalurkan ke petani-petani,” harapnya.

Baca Juga :  Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, Masuk Kota Malang Siap-Siap di Rapid Tes

 

 

 

Pewarta : Wildan Agta Affirdausy
Editor: Redaksi Satukanal

Kanal Terkait