SATUKANAL.COM
Bupati Blitar Kawal BST
Bupati Blitar Rijanto Kawal BST
BERITA COVID-19 HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Kawal BST Secara Langsung, Bupati Blitar Imbau Warga Untuk Tidak Gunakan BST Untuk Meningkatkan Gaya Hidup

SATUKANAL, BLITAR – Bupati Blitar kawal secara langsung BST atau Bantuan Sosial Tunai Tahap II. Bantuan Sosial Tunai Tahap II ini masuk pada hari Minggu (7/6/2020) dari Kementrian Sosial (Kemensos).

Melihat hal ini warga Kabupaten Blitar yang kehidupannya terdampak pandemi Covid-19 bisa sedikit bernafas dengan lega kembali. Bantuan Sosial Tunai kali ini merupakan bantuan secara tunai sebesar 600 ribu rupiah.

Penyaluran Bantuan Sosial Tunai ini dilakukan serentak ke seluruh wilayah kabupaten Blitar juga pada hari Minggu (7/6/2020) hingga Rabu (10/6/2020) mendatang.

Penyaluran BST Tahap ke II ini dikawal langsung oleh Bapak Bupati Blitar, Rijanto. Bupati Blitar Kawal BST, Rijanto turun langsung ke lapangan karena ingin bantuan sosial tunai ini tepat sasaran. Rijantio dalam mengawal BST ini didampingi oleh Kepala Kantor Pos Blitar dan jajaran Kepala OPD terkait diantaranya Kepala BPBD Achmad Cholik, Kepala Dinas Sosial Romelan dan Kepala Dinas Kominfo Eko Susanto.

Di kesempatan itu, Rijanto juga menyerahkan bantuan secara simbolik di beberapa desa. Diantaranya Desa Ngembul dan Desa Binangun di Kecamatan Binangun dan Desa Sukorejo Kecamatan Wates. Bantuan diberikan kepada keluarga miskin, tidak mampu, atau rentan yang terkena dampak Wabah Covid-19

Baca Juga :  Pemerintah Kabupaten Kediri Salurkan BST Untuk 1.959 Warga Kecamatan Papar

“Mulai hari ini sampai dengan hari Rabu, semua desa di Kabupaten Blitar menyerahkan bantuan sosial tunai dari Kemensos. Penyaluran ini harus selesai dan tuntas selama 4 hari,” ucap Rijanto kepada awak media.

Berdasarkan pantauan, penyaluran BST Tahap II berjalan dengan lancar dan tanpa kendala. Rijanto pun berharap bantuan yang disalurkan dapat dirasakan manfaatnya oleh warga yang menerima manfaat.

Rijanto meminta masyarakat memanfaatkan uang bantuan untuk membeli bahan makanan sebagai penambah gizi di masa pandemi Covid-19. Dikatakannya, pemerintah memberikan uang BST maupun bantuan sosial lain dengan harapan masyarakat kurang mampu tetap eksis di masa pandemi Covid-19. Untuk itu, Rijanto mewanti-wanti masyarakat tidak membelanjakan uang bantuan untuk membeli barang.

“Pesan saya kepada penerima, uang ini diberikan oleh negara bukan untuk digunakan membeli barang. Tapi digunakan untuk membeli makanan yang bergizi seperti beras, daging, telur, sayur, kacang ijo, dan susu. Harapannya dengan bantuan ini masyarakat imun-nya semakin bagus dan tidak terkena Covid-19,” terang pemimpin yang dikenal peduli dan dekat dengan rakyat ini.

Baca Juga :  Pemkab Kediri Distribusikan BST ke Dua Kecamatan

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Blitar, Romelan, di kesempatan yang sama menyampaikan, penyaluran BST Tahap II difasilitasi oleh Kantor Pos. Teknis pelaksanaanya di Kantor Desa dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Penyaluranya secara protokol kesehatan. Di masing-masing Desa di jadwal jamnya untuk menghindari kerumunan massa,” ujarnya.

Romelan menambahkan, terkait jadwal penyaluran BST, Pemkab Blitar mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial RI. Sedangkan dalam melaksanakan penyaluran, Pemkab Blitar dibantu sukarelawan, TKSK, pendamping PKH dan Pemerintah Desa.

“Kami hanya mengikuti dari Kementerian Sosial. Yang menentukan ini adalah Kementerian. Alhamdulilah proses penyaluran bansos di Kabupaten Blitar berjalan lancar berkat solidnya tiga pilar dan Muspika di masing-masing kecamatan,” pungkasnya.

Kanal Terkait