Boon Pring, Objek Wisata Alam Bernuansa Hutan Bambu | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Boon Pring, Objek Wisata Alam Bernuansa Hutan Bambu
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Boon Pring, Objek Wisata Alam Bernuansa Hutan Bambu

SATUKANAL.com, MALANG – Objek wisata alam merupakan favorit para wisatatawan, seperti objek wisata alam Boon Pring, yang berlokasi di Jalan Kampung Anyar, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Lokasi wisata ini terletak di wilayah selatan dan berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Malang dengan waktu tempuh hampir 1 jam.

Nama Boon Pring merupakan gabungan dua suku kata dalam bahasa Inggris dan bahasa Jawa, kata “boon” memiliki arti “anugrah”, sedangkan kata “pring” memiliki arti “bambu”. Kata “boon” juga merujuk pada arti kebun atau “bun”.

Kepala Desa Sanankerto, Mohammad Subur menjelaskan bahwa, objek wisata Boon Pring ini dahulunya merupakan hutan bambu dan para penduduk setempat memanfaat bambu yang ada dilokasi ini untuk dijadikan rumah ataupun sebagai kayu bakar.

Pada tahun 1978 dibuatlah suatu program konservasi alam dilokasi tersebut dan masyarakat setempat pun bergotong-royong untuk membuat embung atau semacam telaga yang memiliki kedalaman dua sampai tiga meter. Masyarakat setempat juga konsisten melakukan perbaikan dan perawatan kawasan tersebut dan hingga akhirnya wisata Boon Pring memiliki keindahan yang dapat dinikmati pengunjung, serta banyak lokasi yang instagramable sehingga menarik untuk dijadikan spot foto.

Baca Juga :  5 Rekomendasi wisata Air Terjun di Malang Raya Dengan Keindahan Alamnya

Air yang ada di telaga tersebut berasal dari enam mata air, yakni Sumber Adem, Sumber Towo, Sumber Gatel, Sumber Maron, Sumber Krecek, dan yang terakhir Sumber Seger. Ada dua mata air terbesar yang mengaliri telaga tersebut, yakni Sumber Towo dan Sumber Adem.

Warna air telaga yang tampak hijau, merupakan hasil pantulan dari hutan bambu dan beberapa pohon besar yang mengelilingi telaga tersebut. Didalam telaga juga dihuni oleh berbagai macam ikan-ikan, salah satu ikan yang paling banyak adalah jenis ikan koi, ikan nila, ikan tombro dan ikan mas.

Boon Pring merupakan tempat wisata yang ramai dikunjungi setiap hari libur, termasuk libur lebaran, libur natal dan libur tahun baru. Pengunjung lokasi wisata yang datang bukan hanya wisatawan lokal, turis mancanegara pun kerap berkunjung ke Boon Pring untuk menikmati suasana alam yang masih asri ini. Salah satu kegemaran para wisatawan lokal maupun asing adalah bermain getek, perahu kayuh, balon air raksasa bahkan flaying fox.

Baca Juga :  Pamer Inovasi Unggulan, Kabupaten Malang Kembali Menjadi Nominator Dalam IGA 2020

Selain wahana permainan, Boon Pring juga memiliki kolam renang. Kolam renang yang ada dilokasi tersebut memiliki air yang sangat jernih. Kolam renang yang disediakan juga tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk anak-anak.

Untuk para pengunjung yang ingin berwisata ke Boon Pring, tidak perlu kawatir dengan biaya yang mahal, karena harga tiket masuk untuk anak-anak hanya Rp. 5.000 dan tiket untuk dewasa Rp. 10.000. Pengunjung juga diberikan kebebasan untuk menikmati wisata ini, karena Boon Pring buka pada pagi hari hingga sore hari.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait