SATUKANAL.COM
BMKG Memberikan Bantuan Berupa Alat Peringatan Gempa ke Pemkab Kediri
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

BMKG Beri Bantuan Berupa Alat Peringatan Gempa ke Pemerintah Kabupaten Kediri

SATUKANAL, KEDIRIBadan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat telah beri bantuan Kabupaten Kediri. Bantuan yang dimaksuk adalah Warning Receiver System (WRS) untuk mendeteksi gempa bumi dan tsunami.

Keadaan di tengah pandemi Covid-19 ini tidak membuat kita acuh terhadap kondisi bencana alam yang bisa terjadi kapanpun. BMKG beri bantuan Kabupaten Kediri, alat diseminasi informasi dan peringatan dini gempa bumi serta tsunami ini telah ditempatkan di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kediri.

WRS yang terdapat di BPBD Kabupaten Kediri adalah WRS Client yang mana merupakan aplikasi sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menerima informasi dari WRS server BMKG pusat.

Fungsi dari WRS yang dimiliki BPBD Kabupaten Kediri ini lebih kepada menerima informasi dan memberitahu situasi wilayah, jelas Plt. Kepala BPBD Kabupaten Kediri Slamet Turmudzi. WRS ini sangat bermanfaat untuk mengantisipasi terjadinya gempa bumi susulan di suatu daerah dan membantu masyarakat dalam deteksi dini bencana.

Baca Juga :  Polres Kediri Bentuk Tim Pemburu Pelanggar Protokol Kesehatan

Bagaimana BPBD Kabupaten Kediri menyebarkan informasi dari WRS? Sewaktu informasi bencana telah diterima WRS BPBD Kabupaten Kediri dari WRS BMKG Pusat maka informasi tersebut akan diteruskan ke Tim Siaga Desa yang telah dibentuk oleh BPBD Kabupaten Kediri. Tim Siaga Desa meneruskan ke masyarakat menggunakan sistem pesan singkat (SMS/ short mesage service) di telepon genggam.

“Informasi gempa di seluruh Indonesia secara real time akan masuk di monitor ini. Nomor HP teman-teman di wilayah akan dimasukkan ke dalam sistem, sehingga ketika ada gempa, akan ada pemberitahuan ke HP masing-masing. Ini sebagai alat untuk memberi informasi, sehingga masyarakat dapat mengantisipasi jika ada gempa susulan,” terangnya.

Baca Juga :  Siap-siap Tak Mematuhi Protokol Kesehatan di Kota Kediri Bakal Kena Denda

Pemetaan daerah rawan bencana di Kabupaten Kediri telah dilaksanakan BPBD Kabupaten Kediri. Hasilnya, Kecamatan yang tercatat rawan
bencana antara lain Desa Ngetrep, Pamongan, Petungroto, Blimbing, Jugo dan Keniten yang masuk Kecamatan Mojo. Kemudian Desa Pagung dan Joho di Kecamatan Semen, lalu Desa Parang di Kecamatan Banyakan, Desa Kalipang di Kecamatan Grogol, Desa Bulusari dan Tarokan di Kecamatan Tarokan.

Perlu diketahui bahwa potensi gempa yang terjadi di Kabupaten Kediri tergolong kecil. Namun keberadaan WRS yang ada di Kabupaten Kediri ini cukup membantu, mengingat potensi gempa yang terjadi di seluruh Indonesia tidaklah kecil. Sehingga bila terjadi gempa di bagian Indonesia di luar Kabupaten Kediri, mereka dapat memberitahukan keluarga yang ada di luar Kabupaten Kediri.

Kanal Terkait