BMKG Ingatkan Pemerintah Segera Selesaikan Jalur Evakuasi Pesisir Jawa
SATUKANAL.COM
BMKG Ingatkan Pemerintah Daerah Segera Selesaikan Jalur Evakuasi di Pesisir Jawa  
Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati dalam sebuah pers rilis/Foto: Youtube BMKG
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

BMKG Ingatkan Pemerintah Daerah Segera Selesaikan Jalur Evakuasi di Pesisir Jawa  

Satukanal.com, Nasional – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan pemerintah daerah yang memiliki pesisir menghadap laut selatan untuk segera menyelesaikan jalur evakuasi. Hal itu lantaran hampir seluruh daerah di pesisir Jawa belum ada jalur evakuasi.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatakan, permintaan BMKG tersebut berlatar belakang aktifitas gempa di Jawa Timur yang dinilai tinggi dalam kurun waktu 5 bulan ini.

“Kami baru saja menyelesaikan survey di sepanjang pesisir Jawa, dan menemukan jalur evakuasi tsunami masih belum memadai. Masih ada yang terpotong oleh sungai, dan masih banyak dijumpai jalur evakuasi terlalu jauh,” jelas Dwikorita, Jumat, 21 Mei 2021.

BMKG juga menghimbau kepada pemerintah daerah untuk mewaspadai apabila adanya peningkatan kegempaan yang cukup signifikan.

Baca Juga :  Tekankan Pemanfaatan Teknologi Pada Gelaran Halal Bihalal DWP

“Kami mohon pemerintah daerah yang berada di sepanjang pesisir Jawa ataupun provinsi yang memiliki pesisir di selatan Jawa perlu mewaspadai adanya peningkatan kegempaan yang cukup signifikan ini, kenapa demikian, ini untuk antisipasi adanya gempa dengan kekuatan diatas 6 magnitudo yang dapat menyebabkan tsunami,” lanjutnya.

Selain jalur evakuasi, pihaknya juga meminta setiap pemerintah daerah yang mempunyai pesisir menghadap laut selatan untuk memastikan bangunan vital benar-benar kuat.

“Untuk mewaspadai kami mohon untuk segera memastikan bahwa konstruksi bangunan di wilayah pesisir selatan Jawa khususnya bangunan vital seperti rumah sakit (RS), gedung sekolah, dan bangunan yang berhubungan dengan orang banyak benar-benar sudah sesuai dengan bangunan standar gempa,“ katanya.

Baca Juga :  Merujuk Permendikbud, Juknis BOS 2021 Kembali Luncurkan Pembaharuan

Menurut dia, BMKG tidak bisa memastikan apakah tsunami atau gempa dengan kekuatan besar akan terjadi. Namun, menurutnya berkaca dari sejarah yang lalu-lalu, masyarakat pesisir jawa pernah merasakan tsunami.

“Kita belajar dari masa lalu dari sejarah kegempaan memang sudah pernah terjadi beberapa kali tsunami,” katanya.

Lebih lanjut dia berpesan agar masyarakat tidak panik menghadapi gempa, dan berfokus untuk mempersiapkan bangunan yang lebih kuat agar jika datang gempa susulan tidak membahayakan diri.

“Jangan panik namun segera menyiapkan bangunan kuat tadi,” pungkasnya.

 

 

Penulis : Ubaidhillah
Editor  : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait