BKD Kabupaten Kediri, Siapkan 893 Usulan Guru PPPK 2021 - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
BKD Kabupaten Kediri, Siapkan 863 Usulan Guru PPPK 2021
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

BKD Kabupaten Kediri, Siapkan 893 Usulan Guru PPPK 2021

Satukanal.com, KediriBadan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri, mengusulkan sebanyak 893 formasi Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (KemenPANRB) tahun 2021.

Kepala BKD Kabupaten Kediri, Dr. Moh. Solikin mengungkapkan, kebutuhan jumlah formasi PPPK didapatkan dari formasi kebutuhan dan kemampuan keuangan daerah atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Setelah dilakukan pengusulan, pihaknya menunggu penetapan dari pemerintah pusat KemenPANRB.

“Setelah dilakukan pembahasan dari SKPD terkait, kita mengusulkan sebanyak 893 formasi untuk guru PPPK. Saat ini menunggu penetapan formasi yang kita usulkan dari pemerintah pusat,” ungkap Sholikin, kepada Satukanal.com, Rabu (13/01/2021).

Baca Juga :  Songsong Hari Waisak, Umat Budha di Kota Kediri Lepas Ratusan Burung Pipit

Dirinya juga menyampaikan, variabel penting yang mempengaruhi jumlah usulan ialah besaran tunjangan guru PPPK dibebankan pada APBD kabupaten/kota provinsi di daerah. Sehingga jumlah formasi kebutuhan perlu melihat aspek kemampuan keuangan daerah APBD.

Untuk besaran formasi kebutuhan Dinas Pendidikan kabupaten Kediri, berkisaran 5600 guru. Pihaknya menyebutkan, besaran jumlah tersebut menjadi pertimbangan paling mendasar. Sebab masa kerja guru PPPK mencapai satu, hingga 5 tahun beserta besaran tunjangan dari APBD.

“Itu faktor yang merubah semuanya, kita juga inginnya lebih banyak. Tentu ini menjadi pekerjaan bagi kami untuk bisa bersamaan, agar jumlah tersebut lebih menjadi realistis,” terangnya.

Baca Juga :  Sektor Agribisnis di Masa Pandemi Untung Ratusan Juta

Dirinya juga menyampaikan, usulan formasi PPPK pada tahun 2021, berdasarkan tindak lanjut dari surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pendaftaran akan melalui proses seleksi yang tahapannya hampir sama, seperti proses Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Perbedaannya, persyaratan pendaftaran guru PPPK mempunyai batas maksimal pendaftaran satu tahun, sebelum batas usia pensiun. “Ada SKD dan SKB harus dilalui. Sistemnya tetap sama CAT. Tidak ada bedanya dengan pendaftaran CPNS, materinya juga sama,” tutupnya.

Pewarta : Anis Firmansah

Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait