Bimtek, Panwascam Kabupaten Kediri Diberi Materi Semi Bela Negara | SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Bimtek Bawaslu Kabupaten Kediri
Jajaran Bawaslu berfoto bersama Panwascam Kabupaten Kediri. (Foto: istimewa
BERITA STRAIGHT NEWS

Bimtek, Panwascam Kabupaten Kediri Diberi Materi Semi Bela Negara

SATUKANAL, KEDIRI – Tujuh puluh delapan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Kediri yang telah dilantik pekan lalu, mengikuti bimbingan teknis (bimtek) pertama, Jumat (3/1/2020). Delapan modul dasar tentang pengawasan menjadi materi bimtek yang digelar di Hotel Bukit Daun.

Materi dasar tersebut di antaranya terkait tugas pokok dan wewenang, pengawasan, administrasi, tata kelola kelembagaan, hingga penanganan indikasi pelanggaran hukum.

Selain materi dasar seputar tugas Panwascam, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri juga memberikan pendidikan semi bela negara. Saat dikonfirmasi, Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri Saidatul Umah mengatakan materi dari Kodum ini diberikan dalam bentuk penguatan disiplin, mental, dan tanggung jawab.

Baca Juga :  Tim Advokasi Paslon 01 YURIZ Menarik Diri, Enggan Bertanggung Jawab Dalam Hal Apapun Pasca Pilkada Banyuwangi

“Tujuannya untuk menumbuhkan rasa percaya diri sesuai tugas dan tanggung jawab yang melekat pada diri Panwascam, sehingga mereka percaya diri saat menjalankan tugasnya,” kata Saidah -panggilan akrabnya.

Pasalnya, sebagai pengawas, mental pengawas harus kuat. Terlebih, jati diri pengawas saat menangani pelanggaran Pemilihan Bupati 2020.

Dari 78 Panwascam, 40 persen merupakan Panwascam baru. Sisanya, merupakan Panwascam lama. “Jadi materi yang kami berikan adalah materi dasar. Pengembangan yang diberikan hari ini, akan dibahas lebih intens di tiap rakor di masing-masing divisi,” imbuh perempuan berjilbab itu.

Baca Juga :  Tim Advokasi Paslon 01 YURIZ Menarik Diri, Enggan Bertanggung Jawab Dalam Hal Apapun Pasca Pilkada Banyuwangi

Di hari kedua bimtek pada Sabtu (4/1/2020) esok, peserta juga akan melakukan simulasi. Saidah menyebut simulasi sederhana yang akan dilakuan ialah pengisian formulir A.

Juga, peserta akan mendapatkan materi penyelesaian sengketa secara cepat. Usai bimtek nanti, Panwascam dari 25 kecamatan ini akan melakukan perekrutan staf kecamatan.

Segera setelahnya, mereka mulai bertugas memantau tahapan Pemilihan Bupati oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Yang sudah bimtek langsung terjun pengawasan di tingkat KPU. Mesti melekat di KPU karena tugasnya adalah pengawasan tiap tahapan KPU,” tutup Saidah.

Pewarta: Isnatul Chasanah

Redaktur: Heryanto

    Kanal Terkait