Besok, Hujan Meteor Arietied Dapat Disaksikan Dengan Mata Telanjang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Besok, Hujan Meteor Arietied Dapat Disaksikan Dengan Mata Telanjang
ilustrasi meteor yang jatuh/Foto: pinterest
BERITA Kanal Straight

Besok, Hujan Meteor Arietied Dapat Disaksikan Dengan Mata Telanjang

Satukanal.com, Nasional Hujan meteor Arietied sebagai salah satu fenomena astrologi akan muncul pada Senin (07/06/2021) besok dan dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia tanpa menggunakan alat bantu seperti teropong.

“Bisa dilihat dari berbagai tempat di Indonesia, bisa dilihat langsung tanpa alat,” ungkap Kepala Bidang Diseminasi Pusat Sains Antariksa lapan, Emanuel Sungging dikutip dari kompas.com.

Informasi tersebut juga disampaikan melalui akun resmi instagram Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional @lapan_ri. Dituliskan bahwa fenomena astronomi akan berlangsung pada 2 Juni sampai 8 Juni 2021.

Hujan meteor sendiri merupakan satu-satunya hujan meteor yang sapat disaksikan ketika siang hari. Aktif sejak 14 Mei silam hingga 24 Juni mendatang. Puncaknya terjadi pada tanggal 7 Juni dengan intensitas 50 meteor per jam ketika di Zenit, dapat disaksikan pula dari arah timur.

Baca Juga :  Sukses Jadi Kampus Unggul, STIE Malangkucecwara Lolos Berbagai Program Hibah

“Persitiwa ini juga dapat disaksikan dari arah timur laut sebelum fajar astronomi dan berkulminasi di arah utara pada pukul 10.00 waktu setempat dan terbenam di arah Barat-Barat Laut pada pukul 16.00 waktu setempat,” tulis akun @lapan_ri.

Sebagaimana disampaikan dalam laman resmi Lapan hujan meteor diduga berasal dari debu asteroid Icarus dan komet periodic 96P/Machholz walaupun sumber utama belum diketahui dengan pasti. fenomena hujan meteor bisa diamati di berbagai wilayah di Indonesia. Adapun waktu terbaik untuk melihatnya adalah dini hari.

Baca Juga :  Kenali Efek Samping Vaksin yang Beredar di Indonesia, Termasuk Modena

Sementara itu, Pada 8 Juni 2021, masyarakat dapat menyaksikan fenomena astronomi yakni apoge bulan. Apoge bulan adalah kondisi ketika bulan berada pada titik terjauh dari bumi, sehingga bulan akan terpantau lebih kecil. Apoge bulan itu terjadi pada pukul 09.38 WIB.

 

Penulis : Adinda
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait