Tingkatkan Kreativitas PMKS, Dinsos Kabupaten Jombang Rutin Gelar Pelatihan - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tingkatkan Kreativitas PMKS, Dinsos Kabupaten Jombang Rutin Gelar Pelatihan
BERITA HIGHLIGHT STRAIGHT NEWS

Tingkatkan Kreativitas PMKS, Dinsos Kabupaten Jombang Rutin Gelar Pelatihan

SATUKANAL.com, JOMBANGDinas Sosial (Dinsos ) Kabupaten Jombang menggelar program pelatihan keterampilan bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) tahun 2020 melalui Bidang Rehabilitasi Sosial Kabupaten Jombang.

Program ini diselenggarakan guna memberikan pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan keterampilan yang dilakukan bagi penyandang disabilitas mental atau eks orang dengan gangguan kejiwaan. Adapun tujuan dari berlangsungnya program ini, berguna untuk meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan keluarga, serta kepedulian bagi sesama guna memupuk tanggung jawab sosial.

Moch Saleh selaku Kepala Dinas Sosial Kabupaten Jombang menyampaikan bahwa, Tujuan lain dari berlangsungnya program ini guna mencegah adanya peningkatan penduduk miskin/keluarga miski di wilayah Kabupaten Jombang.

Program pelatihan yang dilangsungkan di Desa Karangwingongan, Kecamatan Mojoagung menggelar dua kegiatan pelatihan yakni, pelatihan membatik yang diselenggarakan di bulan Oktober 2020, dengan mendatangkan pihak dari Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Batik Colet Jatipelem, Kecamatan Diwek.

Pelatihan yang kedua adalah membuat anyaman dari bahan rotan. Berlangsung di Desa Bongkot, Kecamatan Peterongan. Dihadiri oleh Asosiasi Handycfart Jawa Timur (AHJ) sebagai narasumber. Kegiatan pelatihan membuat anyaman ini diikuti sebanyak 30 peserta.

Nantinya ketika pelatihan usai maka para peserta akan diberi satu paket bahan-bahan praktik agar nantinya para peserta dapat praktik dan membuat kreasinya sendiri di rumah dengan didampingi oleh kader jiwa masing-masing kecamatan.

Moch Saleh menjelaskan bahwa, “Selanjutnya dilaksanakan pelatihan menjahit, penyandang disabilitas yang bertempat di SMKN 2 Jombang. Kegiatan ini dilangsungkan selama lima hari di bulan November 2020 dengan jumlah peserta 20 orang”.

Didampingi oleh dua orang instruktur yang berasal dari SMKN 2 Jombang. Peserta diberi pelatihan untuk belajar menjahit rok serta baju atasan. Selain kegiatan pelatihan, peserta juga diberikan bantuan sosial berupa 17 unit mesin jahit.

Moch Saleh menyampaikan bahwa, pemberian mesin jahit akan diperuntutkan bagi peserta pelatihan yang mengikuti kegiatan pelatihan menjahit di tahun 2018 sampai dengan 2019. Dinas Sosial juga menggelar pelatihan pembuatan telur asin yang ditujukan kepada penyandang masalah kesejahteraan sosial dan berlangsung di dua Kecamatan yakni, Bandarkedungmulyo dan Kecamatan Jombang yang diikuti oleh 20 orang peserta.

Pelatihan pembuatan terlur asin tersebut didampingi oleh narasumber yang berasal dari Industri Kecil Menengah (IKM) Kabupaten Jombang. Peserta pelatihan juga diajarkan membuat telur asin dengan beberapa varian menarik seperti, rasa jahe, rasa pedas dan original.

Beberapa pelatihan yang digelar Dinsos Kabupaten Jombang bersama dengan PMKS adalah kegiatan yang mudah untuk dilakukan sendiri dirumah. Adanya kegiatan pelatihan ini juga bertujuan agar meningkatkan pengetahuan serta kreativitas bagi masyarakat PMKS di Kabupaten Jombang.

 

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Satukanal

Kanal Terkait