Bertema 'Malang Berani Melawan Korupsi', MCW Soroti Belum Terlaksananya E-Budgeting Di Kota Malang - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Diskusi MCW (Gum)
BERITA

Bertema ‘Malang Berani Melawan Korupsi’, MCW Soroti Belum Terlaksananya E-Budgeting Di Kota Malang

Satuchannel.com, Kota Malang – Malang Corruption Watch (MCW) soroti Kota Malang yang belum menerapkan E-Budgeting saat diskusi publik yang digelar di Wisma Kalimetro, Selasa (23/5). Lewat Diskusi publik dengan tema ‘Malang Berani Melawan Korupsi, Kordinator MCW, Muhammad Farudin mengungkapkan, transparansi informasi publik dan penyusunan APBD secara elektronik di Kota Malang belum terlaksana.

“Padahal Kota Malang dinilai maju seperti Surabaya. E-budgeting belum mampu diterapkan, sehingga warga tidak bisa mengakses informasi ini dengan mudah”, ungkapnya.

Menurut Farudin, seharusnya masyarakat Kota Malang sudah mudah dalam mengakses informasi dari pemerintah. Tapi kenyataannya, para pegiat anti korupsi masih dipersulit jika ingin memperoleh data APBD Kota Malang.

Baca Juga :  Pemkab Malang Tunggu Instruksi Pusat Jelang Uji Coba KBM Tatap Muka

“Lewat E-budgeting, sebenarnya mempermudah kinerja pemerintah juga. Dengan hal ini, pemerintah dan masyarkat saling terdukung. Tidak dipersulit lagi dengan birokrasi-birokrasi pemerintah”, lanjut Alumni Universitas Islam Malang (Unisma) ini.

Selain Kota Malang, hasil penulusuran Farudin lewat Tim MCW, adapun Kota Batu yang juga belum menerapkan E-Budgeting. Dia menjelaskan, Kota Malang dan Batu seharusnya bisa mencontoh Kabupaten Malang yang sudah menerapkan E-Budgeting.

Baca Juga :  Sambut HUT ke-107 Tahun Kota Malang, Perayaan Tetap Digelar Ditengah Pandemi

Menurutnya, contoh sederhana dari Kota yang menerapkan E-budgeting adalah dengan tersajinya laporan anggaran di laman web resmi setiap Pemerintah Kota/Kabupaten. Dalam hal ini, Pemkab Malang sudah lebih baik ketimbang Pemkot Malang ataupun Batu.

Diskusi yang juga merupakan bagian dari HUT ke-17 MCW ini, dihadiri banyak pemangku kepentingan. Mulai dari jajaran Pemkot Malang, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kota Malang, Indonesian Corruption Watch (ICW), dan PJKAKI Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK). (GUM)

Kanal Terkait