Berkat Vaccinated Travel Lane, Warga RI Kini Tak Perlu Karantina - SATUKANAL.COM
SATUKANAL.COM
Tak Hanya Singapura, Turis RI Juga Bebas Karantina Jika Berkunjung ke Negara Ini!
Perairan Merlion Park di Singapura (Foto: Visitsingapore.in)
BERITA Kanal Highlight Kanal Straight

Berkat Vaccinated Travel Lane, Warga RI Kini Tak Perlu Karantina

Satukanal.com, Nasional – Mulai 29 November 2021, Pemerintah Singapura akan membuka akses skema Jalur Perjalanan Vaksin atau Vaccinated Travel Lane (VTL) kepada pendatang asal Indonesia.

Dilansir dari Safetravel.ica.gov.sg, peluncuran VTL ini merupakan bagian dari strategi Singapura yang secara bertahap membuka pintu kembali sehingga para wisatawan yang telah divaksinasi dapat mengunjungi Singapura baik untuk berlibur atau berbisnis.

Selain Indonesia, terdapat negara lain yang wisatawannya diizinkan untuk memasuki Singapura, diantarannya:

  • Finlandia,
  • Malaysia,
  • Swedia.

Untuk negara lain seperti Qatar, Arab Saudi, dan Uni Emirat Arab (UEA), jalur VTL baru akan dibuka bertahap oleh Singapura mulai 6 Desember 2021. Apabila Jalur VTL dibuka, maka wisatawan yang sudah divaksinasi dapat berkunjung ke Singapura tanpa dikarantina setibanya di negara itu jika memenuhi sejumlah syarat.

Jika ingin berkunjung ke Singapura di bawah skema VTL, adapun persyaratan yang harus dipenuhi yakni:

1.  Riwayat perjalanan

Wisatawan VTL harus tetap berada di satu atau lebih negara VTL dalam 14 hari terakhir berturut-turut sebelum keberangkatan ke Singapura.

2. Pengujian atau Testing

Semua wisatawan harus mengikuti dua kali (2) tes PCR COVID-19 berikut ini (kecuali anak-anak berusia 2 tahun ke bawah tidak diwajibkan untuk menjalani tes ini).

  • Pre-Departure Test menunjukan hasil negatif PCR atau Antigen Rapid Test/ART dalam waktu 2 hari sebelum berangkat ke Singapura.
  • On Arrival test di Changi Airport dan tetap melakukan isolasi mandiri sampai hasil tes dikonfirmasi negatif.
Baca Juga :  KAI Tambah Daftar Profesi yang Dapat Tiket Gratis, Siapakah?

3. Vaksinasi

Semua wisatawan VTL harus telah divaksinasi lengkap dua dosis sesuai standar dari WHO Emergency Use Listing (EUL) yang bisa di cek di link:  https://safetravel.ica.gov.sg/health/vtsg.

  • Menunjukkan bukti vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindung (untuk yang divaksinasi di Indonesia), aplikasi TraceTogether atau HealthHub (untuk yang divaksinasi di Singapura), atau bukti vaksinasi lain yang dapat diterima yang tercantum di situs web SafeTravel (bagi yang tidak termasuk dalam kategori di atas)
  • Anak-anak berusia di bawah 12 tahun yang tidak divaksinasi pada tahun kalender saat ini dapat memasuki Singapura dengan VTL, tetapi mereka harus mematuhi semua ketentuan VTL lainnya dan didampingi oleh wisatawan VTL yang divaksinasi lengkap.

4. Penerbangan VTL yang Ditunjuk

Wisatawan yang bepergian ke Singapura di bawah VTL harus melakukan perjalanan ke Singapura dengan penerbangan VTL yang ditunjuk. Mereka mungkin transit melalui negara VTL lain untuk mengambil penerbangan VTL yang ditunjuk ke Singapura.

5. Persyaratan lainnya

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh wisatawan VTL:

  • Wisatawan VTL harus mengajukan Vaccinated Travel Pass dalam kurun waktu 7 hingga 60 hari sebelum tanggal kedatangan yang direncanakan. Wisatawan dari Indonesia hanya dapat mengajukan permohonan mereka mulai 22 November 2021 pukul 10:00 pagi waktu Singapura.
  • Wisatawan VTL harus membeli asuransi COVID-19 dengan cakupan minimal SGD30.000 dari perusahaan asuransi yang berbasis di Singapura atau luar negeri.
  • Wisatawan VTL dapat menginap di akomodasi hotel mana pun di Singapura yang akan mengakomodasi tamu yang isolasi mandiri dan dalam pengaturan VTL. Daftar Hotel yang saat ini menerima wisatawan VTL (Non-exhaustive list) dikelola oleh Singapore Hotel Association (https://www.sha.org.sg/vaccinated-travel-lane).
  • Wisatawan VTL harus mendaftar dan membayar di muka tes COVID-19 saat kedatangan di Changi Airport.
  • Wisatawan VTL harus menyerahkan SG Arrival Card dengan pernyataan kesehatan elektronik secara online.
  • Wisatawan VTL harus mengunduh dan mendaftar di aplikasi TraceTogether.
Baca Juga :  Upaya Lindungi Anak-anak, Youtube Ubah Kebijakan Monetisasi

Sebagai informasi, pada Kamis (11/11/2021), pelancong asal Indonesia sudah bisa berkunjung ke Singapura dengan tindakan perbatasan yang dilonggarkan sejak 11 November lalu. Kendati demikian, mereka masih harus melakukan karantina 10 hari di rumah atau di hotel yang mereka pilih.

Editor : Naviska 

Kanal Terkait